Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibantu Arab Saudi, India Berhasil Pulangkan 1.100 Warga dari Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 April 2023, 07:01 WIB
Dibantu Arab Saudi, India Berhasil Pulangkan 1.100 Warga dari Sudan
Sebanyak 246 orang India akan segera tiba di Mumbai dengan pesawat IAF C17 Globemaster dari Bandara Jedah/Net
rmol news logo Sebanyak 360 warga India tiba di Delhi setelah dievakuasi dari Sudan.

Menteri Luar Negeri Vinay Kwatra mengatakan pada Kamis (27/4) bahwa India telah memulangkan hampir 1.100 warganya dari Sudan dengan kapal perang angkatan laut dan pesawat militer sejak meluncurkan misi evakuasi Operasi Kaveri minggu ini.

Kwatra mengatakan, 360 orang India tiba dengan penerbangan carteran Arab Saudi pada Rabu malam, di tengah upaya pemerintah melanjutkan pemulangan warganya yang terdampar di negara Afrika yang saat ini dilanda kekerasan itu.

"246 lainnya sedang diterbangkan ke negara bagian Maharashtra dengan penerbangan C-17," katanya, seperti dikutip dari The National.

Sekitar 495 warga negara India telah berada di Jeddah saat ini, dan 320 lainnya berada di Port Sudan, tambah  Kwatra.

“Jalur jaringannya dari Khartoum ke Port Sudan, Port Sudan ke Jeddah, Jeddah ke India, jadi kami berusaha mengamankan setiap titik di seluruh jaringan pergerakan ini. Kami berkoordinasi dengan pemerintah negara bagian untuk pergerakan maju orang India ke tujuan masing-masing," katanya.

Sudan adalah rumah bagi sekitar 3.500 orang India, serta sekitar 1.000 orang keturunan India dari keluarga yang menetap di negara itu beberapa dekade lalu, menurut data resmi, sebelum konflik terjadi.

Sekitar 2.000 dari mereka telah meninggalkan daerah konflik dan pindah ke zona yang lebih aman sementara 42 warga telah pindah ke Sudan Selatan.

Proses evakuasi cukup rumit dan tidak dapat diprediksi dengan kendala ada pada transportasi. Namun, hubungan baik pemerintah dengan semua pemangku kepentingan di Sudan telah membantu pemulangan warga India.

“Kami telah berhubungan dengan kedua belah pihak, terutama karena kami secara umum memiliki hubungan yang baik dengan Sudan. Kami ingin memastikan bahwa semua orang India dapat keluar dari zona konflik dengan prioritas," katanya.

India mendukung kemitraan pembangunan yang kuat dengan Sudan. Pemerintah Sudan cukup memahami bagaimana orang India adalah warga negara yang baik saat berada di Sudan. Kwatra juga berterima kasih kepada Arab Saudi atas bantuannya dalam misi evakuasi.

India telah mengirim pesawat angkut militer ke Jeddah dan mendirikan fasilitas transit di sebuah sekolah di kota tempat orang-orang yang dievakuasi sebelum terbang kembali ke rumah.

“Arab Saudi sangat membantu, mendukung, dan kooperatif dalam upaya ini,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA