Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Rusia, Menhan China Bertemu Vladimir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 April 2023, 13:11 WIB
Ke Rusia, Menhan China Bertemu Vladimir Putin
Menteri Pertahanan China Li Shangfu, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, menghadiri pertemuan di Moskow, Rusia pada Minggu, 16 April 2023/Net
rmol news logo Sebulan setelah kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Rusia, kini Menteri Pertahanan Li Shangfu kembali datang ke negara itu dan dilaporkan telah bertemu langsung dengan Presiden Vladimir Putin.

Jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov pada Minggu (16/4) mengatakan Putin telah mengadakan rapat kerja dengan Li di Moskow.

Rincian pertemuan masih belum diberikan, namun Peskov berjanji akan membagikannya dalam sebuah rilis.

Mengutip Al Arabiya, kunjungan Li ternyata telah diumumkan Beijing sejak pekan lalu. Kendati demikian, Li hanya dijadwalkan bertemu pejabat Menteri Pertahanan Moskow, dan tidak ada informasi soal pertemuan dengan Putin.

Pertemuan Xi dan Putin pada bulan lalu menghasilkan sejumlah kesepakatan. Mereka tetap berkomitmen untuk mempertahankan hubungan ekonomi meskipun Rusia telah banyak dijatuhi sanksi oleh Barat atas invasi militernya ke Ukraina.

Kedekatan dua pemimpin itu direspons dengan kekhawatiran oleh sekutu Barat. Terlebih Ukraina kerap melaporkan bahwa pihaknya menemukan banyak komponen China dalam senjata yang digunakan Rusia.

Sebuah tuduhan yang jelas-jelas dibantah oleh Beijing. Untuk memperlihatkan sikap konstruktifnya, China berinisiatif mengeluarkan proposal perdamaian perang Rusia-Ukraina yang kembali tidak diterima oleh Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA