Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dituduh Bantu Rusia, Aset Milik Miliarder Ternama Ukraina Disita Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 14 April 2023, 14:08 WIB
Dituduh Bantu Rusia, Aset Milik Miliarder Ternama Ukraina Disita Pemerintah
Miliarder Ukraina, Vadym Novynsky/Net
rmol news logo Aset senilai lebih dari 96 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun milik miliarder Ukraina, Vadym Novynsky, dilaporkan telah disita oleh pemerintah, menyusul dugaan keterlibatannya dengan Rusia.

Badan keamanan SBU Ukraina dalam sebuh pernyataan mengatakan telah menyita aset Novynsky termasuk akta kepemilikan 40 perusahaan Ukraina dan 30 sumur gas alam.

"Properti oligarki pro-Rusia Vadym Novynskyi, yang terlibat dalam membantu negara agresor, telah disita," bunyi pernyataan SBU, seperti dikutip dari The Jerusalem Post pada Jumat (14/4).

Novynsky yang merupakan salah satu orang terkaya di Ukraina dan dulu pernah menjabat sebagai mantan anggota parlemen dan sponsor Gereja Ortodoks Ukraina (UOC) telah melarikan diri ke negara lain dan hingga kini belum diketahui keberadaanya.

Desember tahun lalu Novynsky dan beberapa uskup UOC mendapat sanksi dari Ukraina, tak lama setelah penggeledahan properti gereja yang menunjukkan adanya tanda-tanda dukungan pada Rusia.

Kasus ini muncul di tengah perselisihan yang meningkat antara pemerintah dan UOC, yang dituduh Kyiv masih mempertahankan hubungan agama lama dengan Moskow meskipun secara resmi memutuskannya pada Februari 2022.

Beberapa pendeta senior dituduh melakukan pengkhianatan dan bekerja sama dengan Moskow. Gereja menyangkal melakukan kesalahan atau memiliki hubungan dengan Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA