Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gugatan Kecurangan Pilpres Masih Lanjut, Bola Tinubu Dipastikan Tetap Dilantik sebagai Presiden Nigeria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 April 2023, 07:16 WIB
Gugatan Kecurangan Pilpres Masih Lanjut, Bola Tinubu Dipastikan Tetap Dilantik sebagai Presiden Nigeria
Bola Tinubu/Net
rmol news logo Meskipun proses hukum atas kemenangannya masih berjalan, Bola Tinubu, presiden terpilih Nigeria, dipastikan akan tetap dilantik sesuai jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya.

Menurut Menteri Informasi Nigeria Lai Mohammed, upacara peresmian akan berlangsung pada 29 Mei 2023, bahkan saat proses pengadilan menantang legitimasi kemenangan Tibubu berlanjut.

"Tidak ada dasar untuk konstitusi pemerintahan sementara," kata Mohammed, seperti dikutip dari Africa News, Kamis (13/3).

Dia mengatakan partai politik oposisi tetap memiliki hak untuk menggugat pemilihan presiden di pengadilan

Empat kandidat presiden mengajukan gugatan hukum bukan lalu melawan kemenangan Tinubu, dengan tuduhan kecurangan dan manipulasi penghitungan yang meluas.

Diperlukan waktu sekitar delapan bulan bagi pengadilan untuk memutuskan petisi pemilihan presiden. Petisi harus didengar dalam waktu 180 hari sejak hari diajukan.

Pemohon dapat mengajukan banding atas keputusan pengadilan di Pengadilan Tinggi dalam waktu 21 hari sejak tanggal keputusan.

Jika pemohon tidak puas dengan keputusan pengadilan banding, yang disampaikan dalam waktu 60 hari, mereka memiliki waktu 21 hari untuk mengajukan banding ke Mahkamah Agung, yang keputusannya sudah final. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA