Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harapan Perdamaian Meningkat, Arab Saudi dan Houthi Setuju Tukar 900 Tahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 April 2023, 13:52 WIB
Harapan Perdamaian Meningkat, Arab Saudi dan Houthi Setuju Tukar 900 Tahanan
Pemimpin politik kelompok Houthi Mahdi al-Mashat menyambut Duta Besar Saudi untuk Yaman, Mohammed Al Jaber dan delegasi di Sanaa/Net
rmol news logo Ketegangan konflik militer di Yaman mulai menunjukkan tanda penurunan, menyusul kesepakatan pertukaran tahanan yang akan digelar pada Kamis mendatang (13/4).

Mengutip The Defense Post pada Rabu (13/4), pihak Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman dan Houti yang disokong Iran setuju melakukan pertukaran hingga 900 tahanan.

Jurubicara resmi pemerintah, Majid Fadael mengungkap bahwa berdasarkan kesepakatan yang dicapai di Swiss bulan lalu, Houthi akan membebaskan 181 tahanan, termasuk warga Saudi dan Sudan.

Sebagai imbalan, pemerintah Yaman akan membebaskan 706 tahanan yang ditahan oleh pasukan mereka.

"Semua pengaturan telah selesai untuk mengimplementasikan proses pertukaran yang disepakati,” kata Fadael.

Fadael mengatakan proses pertukaran akan dilakukan melalui penerbangan Palang Merah antara Aden-Sanaa dan Sanaa-Aden.

Setelah penerbangan tersebut, pada Jumat (14/4) dan Sabtu (15/4) mendatang, para tahanan akan diterbangkan masuk dan keluar dari Riyadh dan Abha di Arab Saudi dan Sanaa, Mocha, serta Marib Yaman.

Perjanjian pertukaran tahanan dicapai hanya beberapa hari setelah Arab Saudi dan Iran mengumumkan rencana normalisasi hubungan.

Pekan ini, perwakilan Saudi mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Houthi di Sanaa. Ia menyerukan kesepakatan gencatan senjata untuk menjaga stabilitas dan menciptakan kondisi yang kondusif untuk dialog nasional.

Beberapa analis menilai Saudi nampaknya ingin keluar dari perang saudara Yaman, agar bisa fokus pada proyek ekonomi domestik untuk mendiversifikasi ketegantungan mereka terhadap minyak mentah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA