Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Deteksi 91 Pesawat dan 12 Kapal Perang Milik China di Perairannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 11 April 2023, 17:25 WIB
Taiwan Deteksi 91 Pesawat dan 12 Kapal Perang Milik China di Perairannya
Representative Images/Foto: AA
rmol news logo Ketegangan antara Taiwan dan China masih terus berlanjut, menyusul latihan militer China yang dilakukan di dekat perairan Taiwan.  

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, mereka mendeteksi 91 pesawat militer dan 12 kapal perang milik China yang terlihat di perairannya, di hari ketiga negara itu menggelar latihan militernya, Selasa (11/4).

"Sebanyak 91 pesawat PLA dan 12 kapal PLAN di sekitar Taiwan terdeteksi pada pukul 6 pagi hari ini. Angkatan Bersenjata Taiwan telah memantau situasi dan menugaskan pesawat CAP, kapal Angkatan Laut, dan sistem rudal darat untuk menanggapi kegiatan ini," kata kementerian itu di Twitter.

Menurut pantauan pemerintah Taiwan, 54 pesawat perang tersebut juga terdeteksi melintas ke garis median Selat Taiwan, dan memasuki Kawasan Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) di barat daya dan tenggaranya, dengan 8 kapal lainnya saat ini masih beroperasi di sekitar perairan tersebut.

"Kami akan terus mencermati pergerakannya," tambah kementerian Taiwan, dimuat Anadolu Agency.

Kapal dan pesawat militer tersebut dikerahkan selama tiga hari oleh China, atas tanggapan negara itu terhadap kunjungan pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Tengah dan AS.

Menanggapi latihan yang sengaja dikerahkan di perairannya itu, Presiden Taiwan sendiri telah mengecam tindakan China tersebut, dan berjanji akan meningkatkan kerja sama dengan AS dan negara-negara lain yang berpikir sama dalam menghadapi China. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA