Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba di Iran, Tim Arab Saudi Godok Pembukaan Kembali Kedutaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 09 April 2023, 07:51 WIB
Tiba di Iran, Tim Arab Saudi Godok Pembukaan Kembali Kedutaan
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, Menteri Luar Negeri China Qin Gang, dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud bertemu di Beijing pada Kamis, 7 April 2023/Net
rmol news logo Proses normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Iran berjalan dengan baik. Saat ini tim Arab Saudi telah tiba di Iran untuk membahas prosedur pembukaan kembali kedutaan dan konsulat jenderal.

Delegasi teknis Arab Saudi tiba di Iran pada Sabtu malam (8/4). Perjalanan itu dilakukan setelah kedua negara sepakat untuk menormalisasi hubungan yang ditengahi oleh China.

Mengutip kantor berita ISNA, delegasi Arab Saudi membahas mekanisme pembukaan kembali kedutaan di Teheran dan konsulat jenderal di Kota Mashhad, Iran timur laut.

Tim Arab Saudi bertemu dengan direktur jenderal di Kementerian Luar Negeri Iran, Mehdi Honardoost.

China, Arab Saudi, dan Iran mengumumkan telah mencapai kesepakatan yang mencakup untuk melanjutkan hubungan diplomatik, serta membuka kembali kedutaan dan misi dalam waktu dua bulan.

Dalam pertemuan di Beijing pada Kamis (7/4), Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud menandatangani pernyataan bersama, mengumumkan dimulainya kembali hubungan diplomatik dengan segera.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada 2016 sebagai tanggapan atas serangan terhadap misi diplomatik Saudi di Teheran, setelah kerajaan itu mengeksekusi seorang ulama Syiah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA