Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badai Es Kanada Sebabkan Pemadaman Listrik di 400 Ribu Rumah Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 08 April 2023, 16:23 WIB
Badai Es Kanada Sebabkan Pemadaman Listrik di 400 Ribu Rumah Warga
Pohon tumbang setelah badai es di Quebec, Kanada/Net
rmol news logo Ratusan ribu rumah di Kanada bagian Timur masih mengalami pemadaman listrik, dua hari setelah badai es melanda wilayah itu dan mengakibatkan kerusakan bangunan hingga menewaskan tiga warga.

Mengutip AFP pada Sabtu (8/4), Sekitar 400.000 rumah di Quebec gelap gulita akibat badai es. Namun, menurut penyedia listrik Hydro-Quebec, pihaknya telah memulihkan 50 persen dari jumlah pemadaman.

"Kami telah memulihkan daya ke lebih dari 50 persen pelanggan yang terkena dampak pemadaman,” bunyi pernyataan Hydro-Quebec.

Listrik di beberapa rumah di Quebec kemungkinan akan tetap padam hingga dua hari ke depan.

Menurut Perdana Menteri Quebec Francois Legault, laporan kematian terbaru terkait badai es diketahui karena korban telah keracunan karbon monoksida dari generator portabel yang digunakan di dalam rumahnya.

Korban kedua yakni seorang penduduk Ontario timur terbunuh oleh pohon tumbang pada Rabu (5/4) dan seorang pria Quebec berusia 60 tahun meninggal ketika dia tertimpa dahan pohon saat mencoba membersihkan tanahnya pada Kamis pagi (6/4).

Suhu sekitar satu derajat Celcius telah mencairkan es, tetapi hembusan angin mengguncang pepohonan, membuat lebih banyak cabang berpotensi tumbang

Pihak berwenang mengimbau warga untuk menjauh dari kabel listrik.

Pemadaman listrik terbaru adalah yang terbesar di Quebec sejak badai es menyerang wilayah itu pada 1998 dan membuat provinsi itu kacau selama beberapa minggu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA