Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Wang Yajun Memulai Tugasnya di Kedutaan China di Pyongyang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 08 April 2023, 13:06 WIB
Dubes Wang Yajun Memulai Tugasnya di Kedutaan China di Pyongyang
Duta Besar China untuk Pyongyang, Wang Yajun/Net
rmol news logo Kabar tentang kehadiran Duta Besar China untuk Pyongyang, Wang Yajun,, dikonfirmasi oleh pihak Korea Utara melalui kantor berita resminya, KCNA pada Jumat (7/8).

Korea Utara mengatakan bahwa Dubes Wang sudah mulai menjabat di kantor Kedutaan Pyongyang dan menjadi perwakilan China pertama yang ditugaskan ke negara, sejak pemberlakuan pembatasan Covid-19 pada 2020 lalu.

Laporan KCNA menyebut, bahwa Dubes Wang datang ke Pyongyang pada Kamis (6/4), dan disambut oleh pejabat tinggi Korea Utara.

China adalah sekutu terpenting dan salah satu penyumbang ekonomi terbesar Korea Utara. Menurut data yang dikeluarkan Korea Selatan, Beijing menyumbang lebih dari 90 persen perdagangan Pyongyang.

Wang awalnya akan diangkat sebagai Dubes pada tahun 2021, tetapi kedatangannya ke Korea Utara ditunda karena pembatasan perbatasan akibat pandemi Covid-19.

Kemunculan Wang di Pyongyang, bertepatan dengan peningkatan ketegangan nuklir yang semakin intens, antara Korea Utara menghadapi sekutu Korea Selatan dan Amerika Serikat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA