Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditahan 12 Jam dalam Kasus Dana Partai, Suami Mantan PM Skotlandia Nicola Sturgeon Dibebaskan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 April 2023, 08:09 WIB
Ditahan 12 Jam dalam Kasus Dana Partai, Suami Mantan PM Skotlandia Nicola Sturgeon Dibebaskan
Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon berpose untuk media bersama suaminya Peter Murrell, di luar tempat pemungutan suara di Glasgow, Skotlandia, pada 12 Desember 2019
rmol news logo Setelah ditahan selama 12 jam oleh pihak kepolisian, Peter Murrell, suami mantan perdana menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon, akhirnya dibebaskan.

Murell sebelumnya ditangkap pada Rabu (5/4) atas dugaan keterlibatannya dalam kasus pendanaan dan keuangan Partai Nasional Skotlandia (SNP).

"Murrell dibebaskan tanpa dakwaan menunggu penyelidikan lebih lanjut setelah ditahan selama hampir 12 jam," kata polisi.

Laporan penuntutan sedang disusun untuk layanan kejaksaan publik Skotlandia dan otoritas investigasi kematian Crown Office and Procurator Fiscal Service (COPFS).

Polisi menggeledah markas besar SNP di Edinburgh dan beberapa alamat lainnya serta kediaman Murrell dan Sturgeon di Glasgow.

"Sturgeon tidak mengetahui sebelumnya tentang penangkapan atau penggeledahan, tetapi akan bekerja sama sepenuhnya dengan Polisi Skotlandia jika diperlukan," kata seorang juru bicara kepada The Guardian, Rabu.

Penyelidikan muncul dari keluhan tentang penanganan SNP atas lebih dari 600.000 poundsterling sumbangan yang diminta untuk berkampanye dan mengadakan referendum kemerdekaan kedua. Sementara referendum yang dijanjikan telah berulang kali ditunda tanpa tanggal yang ditetapkan.

Uang itu diduga telah dihabiskan untuk pengeluaran sehari-hari, meninggalkan partai dengan defisit sebesar 752.000 poundsterling dan 145.000 poundsterling dalam bentuk tunai untuk tahun 2021.

Sturgeon bersikeras bahwa setiap sen yang dikumpulkan untuk kampanye kemerdekaan akan digunakan sesuai keinginan para donor.

Tahun lalu, Murrell diketahui telah meminjamkan partai lebih dari 100.000 poundsterling untuk membantu masalah "arus kas" setelah pemilihan terakhir. Sturgeon juga meminjamkan uang kepada SNP senilai 107.620 poundsterling pada Juni 2021, setengahnya dilunasi pada Oktober tahun itu, menurut BBC.

Murrell, mengundurkan diri dari partai bulan lalu setelah mengaku menyesatkan publik tentang penurunan jumlah anggotanya.

Sementara Sturgeon mengundurkan diri sebagai kepala SNP pada Februari setelah delapan tahun menjabat, dengan alasan kelelahan mental dan fisik.

Sementara dia menolak untuk mengatakan apakah penyelidikan polisi terhadap keuangan partainya telah mempengaruhi keputusannya untuk mundur, penggantinya, menteri pertama SNP Humza Yousaf, mengatakan dia tidak percaya itu adalah faktornya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA