Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI: ASEAN Sepakati Komitmen Penggunaan Mata Uang Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 05 April 2023, 12:19 WIB
Menlu RI: ASEAN Sepakati Komitmen Penggunaan Mata Uang Kawasan
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam press briefing Kemlu di gedung Nusantara, Jakarta pada Rabu, 5 April 2023/Net
rmol news logo Dalam upaya memperkuat stabilitas keuangan kawasan Asia Tenggara, anggota ASEAN dibawah keketuaan Indonesia menyepakati komitmen penggunaan mata uang lokal.

Begitu yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Nusantara Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, pada Rabu (5/4).

Pernyataan Menlu merujuk pada hasil pertemuan antara Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Gubernur Bank Sentral dari sembilan negara ASEAN yang dilangsungkan beberapa hari lalu.

"Dalam pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Central ASEAN, disepakati komitmen negara ASEAN untuk menggunakan mata uang lokal dan perluasan konektivitas pembayaran di kawasan atau regional payment connectivity," kata Retno.

Rento menjelaskan bahwa mata uang lokal akan digunakan dalam transaksi perdagangan di ASEAN.

Implementasi mata uang tersebut, dikatakan Menlu mampu mendorong peningkatan konektivitas mekanisme pembayaran di ASEAN. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA