Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Unjuk Rasa Anti-Pemerintah di Kenya Ditangguhkan Sementara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 03 April 2023, 12:58 WIB
Unjuk Rasa Anti-Pemerintah di Kenya Ditangguhkan Sementara
Aksi protes yang berujung ricuh di Nairobi, Kenya pada Senin, 27 Maret 2023/Reuters
rmol news logo Aksi protes massal anti-pemerintah di Kenya telah ditangguhkan sementara oleh pemimpin oposisi, Raila Odinga, yang mengomandoi demonstrasi besar tersebut.

Penangguhan itu diputuskan setelah ada permintaan langsung dari Presiden William Ruto, yang menyatakan siap untuk melakukan pembicaraan.

Pada Minggu (2/4), untuk pertama kalinya Presiden Ruto berpidato di hadapan bangsa secara langsung yang ditampilkan di televisi, sejak protes atas kenaikan harga-harga bahan pokok dan biaya hidup serta dugaan penyimpangan pemilu meletus di negaranya.

Dalam pidatonya, dia memohon agar Odinga membatalkan protes yang dijadwalkan pada Senin (3/4), karena protes telah memakan tiga korban jiwa, dengan lebih dari 400 lainnya terluka.

“Negara kita telah mengalami tindakan pelanggaran hukum yang parah, kekerasan yang meluas, penjarahan dan invasi properti pribadi oleh orang-orang yang mengambil keuntungan dari demonstrasi politik yang diserukan oleh oposisi," kata Ruto, seraya mengutuk kekerasan yang terjadi di negaranya.

Dimuat VOA News, presiden tersebut juga telah menolak tuduhan atas kecurangan yang terjadi dalam pemilu Agustus lalu dengan mengatakan bahwa pemilihan telah dilakukan secara bebas dan adil.

"Saya berharap klaim oposisi atas penyimpangan pemilu dapat ditangani di parlemen dan oleh kelompok bipartisan," ujarnya.

Sementara itu, Odinga yang mengklaim menang dalam pemilihan suara itu telah memperingatkan akan kembali melakukan aksi protesnya dengan mengerahkan puluhan ribu massa jika pemerintah tidak menyelesaikan masalah biaya hidup yang tinggi, dan tuduhan kecurangan pemilu tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA