Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alasan Keamanan, Ketua DPR AS Sepakat Bertemu Presiden Taiwan di California

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 Maret 2023, 07:36 WIB
Alasan Keamanan, Ketua DPR AS Sepakat Bertemu Presiden Taiwan di California
Ketua DPR AS Kevin McCarthy/Net
rmol news logo Setelah menimbang faktor keamanan, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen sepakat untuk bertemu Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California, bukan di Taipei.

Menurut Financial Times, McCarthy telah menyatakan sepakat dengan Tsai bahwa akan lebih baik bertemu di AS untuk menghindari tindakan militer provokatif yang diambil China seperti yang telah dilakukan Beijing setelah kunjungan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan.

Seorang pejabat senior Taiwan mengatakan pemerintahan Tsai telah memberi tim McCarthy beberapa informasi intelijen tentang apa yang sedang dilakukan Partai Komunis China baru-baru ini dan jenis ancaman yang mereka ajukan.

"China tidak dalam situasi yang baik," katanya, menyebut beberapa kemungkinan tentang kebijakan tidak rasional Beijing di masa lalu. Ia merujuk pada  tanggapan China ketika Pelosi berkunjung ke Taipei.

“Jika kita bisa mencoba mengendalikan ini bersama-sama, risiko yang ditimbulkannya bagi semua orang bisa diatasi dengan lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, China telah menyatakan keprihatinan serius tentang rencana kunjungan Tsai ke Amerika Serikat dan telah meminta klarifikasi dari Washington.

Berbicara di Beijing, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan China dengan tegas menentang pertukaran resmi antara AS dan Taiwan.

"Tidak seorang pun boleh meremehkan tekad kuat pemerintah dan rakyat China untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA