Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capai Herd Immunity, China: Epidemi Covid-19 Sudah Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 24 Februari 2023, 11:49 WIB
Capai <i>Herd Immunity</i>, China: Epidemi Covid-19 Sudah Berakhir
Ilustrasi/Net
rmol news logo China mengklaim epidemi Covid-19 di negaranya sudah berakhir, dengan sebagian besar populasi telah mencapai kekebalan tubuh yang baik.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Panel Ahli Komisi Kesehatan Nasional untuk Pengendalian Covid-19, Liang Wannian pada Kamis (23/2).

“China telah berhasil bertahan dari dampak epidemi dan populasinya kini telah mencapai kekebalan kawanan (herd immunity),” ujarnya, seperti dikutip 9News.

Meski begitu, Liang mengaku tetap mewaspadai kasus impor varian XBB.1.5 di China.

Komentar Liang itu sejalan dengan pernyataan dari Partai Komunis China yang pada pekan lalu menyatakan, negeri tirai bambu telah mencapai kemenangan dalam pengendalian epidemi Covid-19.

Para pejabat tinggi China juga memuji penanganan pandemi Covid-19 yang baik, sehingga negara itu memiliki tingkat kematian yang paling rendah di dunia.

Sejak awal pandemi, China telah memberlakukan kebijakan Zero Covid, dengan melakukan sejumlah penguncian perbatasan dan karantina yang ketat.

Namun, menanggapi banyaknya pertanyaan dan kritik dari masyarakat internasional, kebijakan Zero Covid kemudian dicabut pada akhir tahun lalu yang memicu lonjakan kasus Covid-19 di China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA