Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Desak Para Pembuat Film di Festival Berlin Memihak Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Februari 2023, 16:05 WIB
Zelensky Desak Para Pembuat Film di Festival Berlin Memihak Ukraina
Presiden Ukraina, Volodimir Zelensky di acara Berlin International Film atau Berlinale 2023 pada Kamis, 16 Februari 2023/Net
rmol news logo Upaya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menarik dukungan dari berbagai pihak terus dilakukan.

Tidak berhenti pada tataran negara, Zelensky juga menyerukan dukungan perang kepada para pembuat film yang hadir dalam acara Berlin International Film atau biasa disebut Berlinale 2023.

Zelensky yang diundang dalam acara tersebut diberi kesempatan menyampaikan pidato sambutan.

Ia mengenang masa lalunya yang merupakan seorang aktor, dan mendesak rekan-rekan di industri film Berlinale untuk memihak kepada Ukraina yang sengsara akibat invasi Rusia.

"Seni dapat memilih untuk memihak atau tetap netral, yang sama saja dengan mendukung tirani (Rusia)," kata Zelensky saat berbicara dalam tayangan video, seperti dimuat Salt Wire pada Kamis (16/2).

Lebih lanjut, Zelensky mengumpamakan kondisi Ukraina sama seperti ketika Berlin dipisahkan oleh tembok akibat ketegangan antar Rusia dan AS pasca Perang Dunia Kedua.

"Hari ini Rusia ingin membangun tembok yang sama di Ukraina. Tembok antara kami dan Eropa, untuk memisahkan Ukraina dari pilihannya sendiri untuk masa depannya," ujarnya.

Bintang film ternama Anne Hathaway terlihat menahan air mata saat Zelensky berbicara. Ia memuji Zelensky sebagai "pahlawan di zaman kita".

Festival Berlinale tahun ini akan berfokus protes pro-demokrasi di Iran serta konflik di Ukraina.

Turut hadir beberapa bintang film ternama seperti sutradara Steven Spielberg, musisi Bono, dan aktor Fan Bingbing. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA