Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Penyalahgunaan Rokok Elektrik, Dokter Australia Desak Pemerintah Terbitkan Peraturan Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Februari 2023, 15:11 WIB
Cegah Penyalahgunaan Rokok Elektrik, Dokter Australia Desak Pemerintah Terbitkan Peraturan Ketat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Banyaknya kasus anak muda yang kecanduan rokok elektrik atau vape membuat para dokter Australia khawatir dan telah menyerukan pengetatan besar-besaran terkait undang-undang penggunaan alat tersebut.

Asosiasi Medis Australia (AMA) adalah salah satu dari sejumlah organisasi yang mendesak pemerintah federal untuk melarang impor pribadi, memperketat batas nikotin, dan melindungi anak-anak dari iklan predator dan desain produk.

Kepala Eksekutif Dewan Kanker Todd Harper, yang organisasinya mendukung larangan penuh pada semua produk vaping yang tidak diresepkan, mengatakan pada Senin (13/2), bahwa saat ini bahkan telah ada pengguna usia 12 tahun yang membeli dan menjadi kecanduan rokok elektrik.

"Ini adalah Wild West, kami tidak tahu apa yang ada di dalam produk tersebut," kata Harper, seperti dikutip dari 9News.

"Kita mengalami krisis vaping di Australia," katanya.

“Kita memiliki anak muda yang secara teratur bereksperimen dengan produk vaping. Kita kekurangan penegakan hukum dari lembag," lanjut Harper.

"Kecuali jika situasi ini segera dibalik, kita menghadapi generasi muda yang kecanduan nikotin," kata dia.

Banyak juru kampanye kesehatan khawatir vaping bisa menciptakan generasi baru anak-anak yang tidak akan pernah merokok namun kecanduan nikotin.

"Vaping tidak berbahaya, tidak aman, dan bukan bagian dari pengendalian tembakau," kata presiden AMA Profesor Stephen Robson.

Dalam pengajuannya, badan puncak itu menyoroti angka yang menunjukkan peningkatan stabil pada orang Australia yang telah menggunakan vape, mencatat kekhawatiran khusus bahwa lebih dari satu dari lima orang berusia 18-24 mencoba salah satu perangkat pada 2020-2021.

Ia berpendapat cairan produk vaping secara teratur mengandung bahan-bahan berbahaya, berlabel tidak benar - termasuk nikotin dalam vape non-nikotin - dan 31 persen produk terdaftar telah melarang bahan dalam konsentrasi yang melebihi batas legal.

The Heart Foundation, Minderoo Foundation, Royal Australian College of General Practitioners dan lainnya telah menyerukan pembatasan yang serupa dengan AMA.

"Rokok elektrik tidak aman untuk digunakan dan telah terbukti menyebabkan non-perokok merokok tembakau - pukulan ganda yang berbahaya bagi kesehatan jantung seseorang," kata CEO Heart Foundation David Lloyd dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun ilegal kecuali diresepkan, rokok elektrik yang mengandung nikotin entah bagaimana semakin banyak ditemukan di tangan anak-anak Australia, remaja dan perokok pemula," katanya.

"Sebagai sebuah bangsa, kita sekarang berada pada momen 'pintu geser' di mana kita berisiko membiarkan kesalahan kesehatan dari rokok tembakau lebih dari 60 tahun yang lalu terulang untuk generasi yang sama sekali baru," lanjut Lloyd.

Nikotin, khususnya, buruk bagi kesehatan dan sangat membuat ketagihan, dan departemen kesehatan federal mengatakan agen penyebab kanker formaldehida, asetaldehida, dan akrolein yang diketahui telah ditemukan dalam vape.

Australia memiliki dua set aturan tentang penggunaan rokok elektrik, satu untuk vape nikotin dan satu lagi untuk varietas bebas nikotin.

Secara teori, cukup sulit untuk mendapatkan vape nikotin karena Anda memerlukan resep dari dokter, umumnya sebagai upaya terakhir untuk berhenti merokok.
Tapi ada bukti anekdot tentang pasar gelap yang besar.

Vape non-nikotin tunduk pada banyak pembatasan yang sama seperti tembakau tentang siapa yang dapat membelinya dan di mana dapat dijual.

Tetapi pakar kebijakan pengendalian tembakau Profesor Coral Gartner mengatakan ada bukti toko fisik, bersama dengan internet, adalah "jalur utama" untuk membeli varietas yang dilarang.

Gartner mengatakan kepada meskipun lebih sedikit orang yang meninggal karena vaping daripada merokok dalam waktu lama, dia masih memperkirakan adanya risiko kematian akibat vape.

"Jelas dari bukti bahwa produk-produk ini membuat orang terpapar unsur berbahaya, tetapi paparannya lebih sedikit daripada merokok tembakau," katanya.

"Jadi Anda tahu, itu adalah sesuatu yang harus kita ingat bahwa kita tidak ingin orang berpikir bahwa merokok tembakau adalah yang lebih kecil dari dua kejahatan. Bukan itu masalahnya," lanjut Gartner.

Tapi, katanya, itu tidak berarti mengatakan bahwa produk vaping nikotin bebas risiko, atau bahwa kita juga tidak boleh mengontrol akses ke produk tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA