Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presidensi G20 Raih Banyak Pujian dari Komunitas Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 13 Februari 2023, 10:19 WIB
Presidensi G20 Raih Banyak Pujian dari Komunitas Internasional
Logo G20 India/Net
rmol news logo Kepempinan India di G20 memperoleh banyak sanjungan dari komunitas internasional.

Baru-baru ini, seorang pejabat utusan khusus ACT-Accelerator WHO, Ayoade Alakija memuji cara India memimpin G20 pada pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan yang diniai menarik karena mengangkat suara Global South.

Ia tidak sabar menantikan kolaborasi Global South dapat diterapkan dalam tatanan dunia baru.

"Dunia yang akan benar-benar menjadi dunia yang memberikan kita, orang-orang berkualitas," ujarnya, seperti dimuat ANI News pada Kamis (9/2).

Dalam pertemuan yang sama, Sekretaris Kementerian Ayush Vaidya Rajesh Kotecha menekankan pentingnya kerjasama untuk menciptakan perawatan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, dan berkualitas sesuai dengan gagasan 'Satu Dunia, Satu Kesehatan'.

Di sisi lain, Direktur Digital Health and Innovation Alain Labrique, turut memuji India karena negara itu sudah berubah dalam lima tahun terakhir.

"Jadi, menurut saya, itu adalah dasar dari tempat di mana saya ingin melihat India bersinar sebagai mercusuar bagi negara lain untuk belajar darinya,” ujarnya.

Presidensi G20 India telah menjadi bagian dari sejarah karena untuk pertama kalinya organisasi negara-negara ekonomi besar itu dipimpin dalam format Troika.

Kepemimpinan G20 dalam tiga tahun berturut-turut berasal dari negara berkembang dengan Indonesia di tahun lalu, India tahun ini dan Brasil tahun 2024 mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA