Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Siap Menyambut Kedatangan Menlu AS Anthony Blinken

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Januari 2023, 07:26 WIB
China Siap Menyambut Kedatangan Menlu AS Anthony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken /Net
rmol news logo Rencana kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke China di tengah ketegangan hubungan dua negara mendapat sambutan positif dari Beijing.

Kementerian Luar Negeri China dalam keterangannya pada Selasa (17/1) mengatakan Beijing dan Washington sedang berkomunikasi mengenai pengaturan spesifik kunjungan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada jumpa pers reguler sebagai tanggapan atas laporan media AS bahwa Blinken akan tiba di China pada 5 Februari mendatang untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang.

"China selalu memandang dan mengembangkan hubungannya dengan AS sesuai dengan tiga prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping," kata Wang, seperti dikutip dari Xinhua.

Dia kemudian mendesak AS untuk membentuk persepsi yang benar tentang China, bersikeras pada dialog dan kerja sama yang saling menguntungkan daripada konfrontasi dan mentalitas zero-sum.

"Pihak AS harus bekerja sama dengan China, dan dengan sungguh-sungguh mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua presiden di Bali untuk mengembalikan hubungan China-AS ke jalur yang benar dengan pembangunan yang sehat dan stabil," kata Wang.

Sebelumnya Politico dalam laporannya menyebutkan rencana kunjungan Blinken akan terjadi selama dua hari, yaitu pada 5 hingga 6 Februari mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA