Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bom Bunuh Diri di Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Puluhan Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Kamis, 12 Januari 2023, 07:03 WIB
Bom Bunuh Diri di Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Puluhan Tewas
Seorang anggota pasukan keamanan Taliban berjaga di jalan yang diblokir setelah ledakan bunuh diri di dekat kementerian luar negeri Afghanistan di Lapangan Zanbaq, Kabul, 11 Januari 2023/Net
rmol news logo Ledakan terjadi di luar gedung Kementerian Luar Negeri Afghanistan di Kabul pada Rabu (11/1) waktu setempat. Ledakan yang berasal dari bom bunuh diri itu menewaskan beberapa pejalan kaki.

Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Taliban, Hafiz Zia Ahmad Takal, membenarkan peristiwa itu.

"Sekitar pukul empat sore, sebuah ledakan terjadi di jalan di luar gefung Kementerian Luar Negeri, yang mengakibatkan korban jiwa," katanya.

Juru bicara kepala polisi Kabul Khalid Zadran mengatakan lima warga sipil tewas dan sejumlah lainnya luka-luka. Sementara beberapa sumber lain menyebutkan korban tewas mencapai 20 orang.

Dalam foto-foto yang beredar di jejaring sosial, terlihat sejumlah jenazah tergeletak di tanah.

Ledakan sore itu hari diikuti oleh gemuruh sirene. Pasukan keamanan Taliban mencegah wartawan mendekati lokasi, mengancam mereka dengan senjata dan menyuruh mereka pergi.

Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, yang tinggal di dekat kementerian, mengutuk ledakan itu, dan menyebutnya sebagai tindakan terorisme, kejahatan terhadap kemanusiaan dan tindakan terhadap semua nilai kemanusiaan dan Islam.

Dia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dan berharap yang terluka segera pulih.

Aljazeera melaporkan dengan mengutip sumber dari seorang pejabat di kementerian informasi yang dikelola Taliban, bahwa pembom  berencana masuk ke gedung Kementerian tetapi gagal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA