Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

G20 India Canangkan Pendekatan One Health dan Digitalisasi Medis dalam Pertemuan Working Group Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 07 Januari 2023, 11:13 WIB
G20 India Canangkan Pendekatan One Health dan Digitalisasi Medis dalam Pertemuan Working Group Kesehatan
Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya/Net
G20 India Canangkan Pendekatan One Health dan Digitalisasi Medis dalam Pertemuan Pertama Working Group Kesehatan

RMOL. Presidensi G20 India akan memperkenalkan beberapa program unggulan dalam pertemuan pertama Kelompok Kerja atau Working Group yang rencananya akan mulai dilakukan pada 18-20 Januari mendatang di Thiruvananthapuram, Kerala.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya dalam konferensi pers pada Kamis (5/1).

Menteri menyebut pertemuan kesehatan Presidensi G20 india akan berfokus pada berbagai program yang didasarkan pada pendekatan "One Health".

"Prioritas kesehatan Presidensi G20 negara akan difokuskan pada kesiapsiagaan dan respons pencegahan darurat kesehatan melalui pendekatan One Health,” jelasnya seperti dimuat Hindustan Times.

Kesiapsiagaan dan pencegahan tersebut dijabarkan Menkes mencakup langkah-langkah untuk mencegah wabah di masa mendatang.

"One Health dan resistensi anti mikroba akan menjadi fokus utama karena sebagian besar penyakit di masa depan diperkirakan bersifat zoonosis," ujarnya.

Bersamaan dengan upaya pencegahan wabah baru itu, Menkes juga akan mendorong penguatan kerja sama di bidang farmasi yang  dilakukan melalui platform penanggulangan medis permanen.

"India dikenal sebagai Farmasi Dunia.  India akan dapat memanfaatkan Agenda untuk mempromosikan pembuatan vaksin, obat-obatan, dan diagnostik yang terdistribusi secara global untuk mengelola keadaan darurat kesehatan di masa depan," ungkapnya.

Selain itu, Menkes juga akan mengusulkan workshop kesehatan digital tentang penelitian kolaboratif untuk memperluas akses medis dan perawatan kesehatan holistik dengan menyediakan cakupan kesehatan universal dan meningkatkan informasi layanan kesehatan.

Rencana itu, disebut Menkes sangat didukung oleh kapasitas India sebagai Ketua Kemitraan Kesehatan Digital Global, sebuah badan antar pemerintah terbesar dengan 33 negara anggota di dalamnya.

Selain itu, penggunaan solusi kesehatan digital seperti Co-WIN, e-sanjeevani, dan sebagainya juga  menyoroti keunggulan India dalam modernisasi kesehatan.

Terakhir, Menkes mengumumkan pertemuan lanjutan Working Group Kesehatan yang kedua akan diadakan pada 17-19 April di Goa.

Sementara pertemuan ketiga akan berlangsung 4-6 Juni di Hyderabad, Telangana, dan pertemuan keempat serta pertemuan menteri kesehatan G20 akan berlangsung pada 17-19 Agustus di Gandhinagar, Gujarat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA