Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penghormatan Terakhir untuk Paus Emeritus Benediktus XVI, Puluhan Ribu Orang Banjiri Santo Petrus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 02 Januari 2023, 18:57 WIB
Penghormatan Terakhir untuk Paus Emeritus Benediktus XVI, Puluhan Ribu Orang Banjiri Santo Petrus
Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Senin, 2 Januari 2023/Net
rmol news logo Basilika Santo Petrus dibanjiri oleh puluhan ribu orang yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada Paus Emeritus Benediktus XVI.
HUT 79 RI

Selama tiga hari, mulai Senin (2/1), jenazah Benediktus disemayamkan secara kenegaraan di Basilika Santo Petrus. Sebelum pada Kamis (5/1) dimakamkan oleh Paus Fransiskus.

Dimuat Reuters, jenazah Benediktus dibalut jubah liturgi merah dan emas. Ia ditempatkan di mimbar sederhana. Tidak ada lambang kepausan seperti tongkat uskup, tongkat perak dengan salib, atau pallium yang dikenakan.

Hanya dua orang Garda Swiss tampak berdiri tegak di kedua sisi jenazah. Keduanya juga berada di kedua sisi jenazah Paus Yohanes Paulus ketika disemayamkan pada tahun 2005.

Benediktus meninggal dunia pada Sabtu (31/12) dalam usia 95 tahun di biara terpencil Vatikan, tempat dia tinggal sejak pengunduran dirinya pada tahun 2013.

Para pelayat yang berdatangan tidak bisa dengan mudah melihat jenazah. Keamanan diberlakukan dengan sangat ketat. Pelayat harus melewati beberapa titik pemeriksaan sebelum memasuki basilika.

Sebelum gereja dibuka untuk umum, Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Georgia Meloni adalah orang luar pertama yang memberikan penghormatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA