Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taliban Harus Menyerahkan Pelaku Penembakan Tentara Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Rabu, 16 November 2022, 10:00 WIB
Taliban Harus Menyerahkan Pelaku Penembakan Tentara Pakistan
rmol news logo Pakistan pada Selasa (15/11) meminta Taliban untuk menyerahkan orang yang menembak penjaga perbatasan di perbatasan Spin Buldak.

Perlintasan  perbatasan Spin Boldak - Chaman masih ditutup untuk lalu lintas penumpang dan truk setelah baku tembak antara penjaga perbatasan Taliban dan Pakistan pada Minggu.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membenarkan bahwa seorang tentara Pakistan dibunuh oleh seseorang yang disebutnya "tidak dikenal".

Dia menyesali kejadian ini dan menyebut konflik antara penjaga perbatasan sebagai "kesalahpahaman" dan menjanjikan penyelidikan serius di bidang ini.

Menurut para pejabat, semua aktivitas komersial dan transit di Chaman Pass, perbatasan tersibuk di Afghanistan selatan, ditangguhkan hingga pertemuan antara otoritas Pakistan dan Taliban Afghanistan.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan bahwa mereka tidak akan membuka perbatasan sampai tersangka diserahkan kepada mereka. Pasukan Pakistan dan penjaga perbatasan Taliban baku tembak selama sekitar satu jam.

Dalam sebuah video yang dipublikasikan di jejaring sosial, seorang anggota Taliban menembak mati seorang tentara Pakistan dan melukai dua lainnya pada Minggu. Sebuah video telah dipublikasikan di jejaring sosial yang tampaknya menunjukkan saat pasukan Taliban menembaki penjaga perbatasan Pakistan.

Menurut laporan media Pakistan, baku tembak antara penjaga perbatasan dimulai setelah itu dan beberapa penjaga perbatasan Taliban dan Pakistan tewas dan terluka. Menyusul insiden tersebut,  penyeberangan perbatasan Spin-Boldak-Cheman antara kedua negara telah ditutup, dan ratusan truk pengangkut barang dan penumpang menunggu gerbang dibuka.

Laporan penahanan dan penganiayaan terhadap imigran Afghanistan di Pakistan telah menyebabkan ketegangan verbal antara kedua negara. Meskipun tidak jelas apakah itu ada hubungannya dengan kejadian ini atau tidak.
Penyeberangan Chaman-Spin Boldak terletak sekitar 100 km (59 mil) tenggara kota Kandahar, Afghanistan, dan sekitar 100 km (62 mil) barat laut Quetta, Pakistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA