Kehadiran merek global ini menggarisbawahi daya tarik Jakarta yang masif, didorong oleh pertumbuhan komunitas kreatif, subkultur, dan pasar konsumen yang dinamis.
Menurut Riri Nahar, Brand Manager Carhartt WIP Indonesia, Jakarta dipilih sebagai lokasi gerai utama karena statusnya sebagai pusat ekonomi, politik, dan budaya Indonesia yang memiliki energi urban yang kuat.
“Jakarta adalah ibu kota sekaligus pusat ekonomi, politik, dan budaya Indonesia. Sebagai salah satu kota terpadat di dunia, Jakarta memiliki energi urban yang dinamis serta komunitas kreatif dan subkultur yang terus berkembang. Mulai dari musik, seni, hingga street culture," ujar Riri dalam pernyataannya yang diterima redaksi, Rabu 29 Oktober 2025.
Ia juga menerangkan, gerai baru di Plaza Senayan ini dirancang oleh Salomée Faeh bersama studio arsitektur Andrea Caputo dari Milan. dengan memadukan estetika workwear dengan nuansa industrial modern.
Investasi ini tidak hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga pada koneksi budaya dan pasar lokal. Carhartt WIP merayakan pembukaannya dengan serangkaian kegiatan yang menghubungkan mode dengan cita rasa lokal, termasuk peluncuran Jakarta Capsule Collection.
Peluncuran ini terinspirasi dari visual warung makan ibu kota, dan yang paling unik, menyelenggarakan Warung Carhartt WIP, sebuah pop-up kuliner yang mengangkat menu pecel lele. Langkah akulturasi ini adalah strategi untuk merangkul semua lapisan masyarakat dan memperkuat posisi merek di pasar Indonesia yang sedang berkembang.
Kehadiran gerai baru Carhartt WIP ini menambah daftar panjang merek internasional yang melihat potensi besar pasar ritel di ibu kota, sekaligus membuktikan bahwa dinamika komunitas subkultur dan seni kontemporer telah menjadi motor penggerak penting bagi investasi dan perkembangan ekonomi urban Jakarta.
BERITA TERKAIT: