Dalam pameran yang berlangsung selama 15-19 Oktober 2025 di BSD Tangerang itu, UMKM Pertamina menghasilkan transaksi lebih dari Rp269,8 miliar, terdiri atas penjualan ritel Rp2,2 miliar dan komitmen ekspor hingga Rp267,6 miliar.
"Pertamina telah mempersiapkan UMKM serta mengurasi produk terbaiknya. Kami optimistis produk UMKM Pertamina dapat menarik minat pengunjung, serta
buyer internasional yang memang mencari produk-produk lokal berkualitas di ajang TEI ini," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, Senin, 20 Oktober 2025.
TEI sudah dikenal sebagai pameran produk Indonesia bagi buyer internasional. Melihat kesempatan tersebut, Pertamina mendorong UMKM untuk bersiap sebaik mungkin.
Hasilnya, selama lima hari mengikuti TEI, sebanyak 14 Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) berhasil terjalin antara UMKM binaan Pertamina dengan buyer internasional.
Langkah ini memperkuat posisi UMKM Indonesia di rantai perdagangan global sekaligus membuka peluang ekspor baru yang berkelanjutan. Salah satu UMKM binaan yang mencatatkan prestasi adalah Nine Glory Degrees asal Bandung, yang berhasil meraih transaksi lebih dari Rp15 miliar dalam keikutsertaan perdananya di TEI 2025.
Sebagian besar transaksi Nine Glory Degrees pada TEI kali ini berasal dari minat ekspor, yakni dari
buyer Malaysia, Timor Leste, India, Kolombia, Papua New Guinea, Meksiko, Afrika Selatan, hingga Roma, Italia.
Tidak hanya sukses dalam transaksi, Pertamina juga meraih penghargaan Stand Favorite yang diberikan penyelenggara pameran. Apresiasi ini diberikan karena konsep booth Pertamina dinilai paling menarik, informatif, dan inspiratif dalam menampilkan produk UMKM binaan yang beragam dan berkualitas tinggi.
“Penghargaan ini menunjukkan Pertamina bukan hanya menghasilkan produk kompetitif, tetapi juga mampu mengomunikasikan nilai dan semangat kemandirian ekonomi rakyat dengan cara yang menarik dan profesional,” pungkas Fadjar.
BERITA TERKAIT: