Salah satunya kue kering berbasis biji-bijian lokal khas Lombok bernama Nutsafir milik Sayuk Wibawati yang menjadi salah satu produk UMKM di gelaran balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2025.
Bersama sembilan pengusaha UMKM binaan Pertamina lainnya, produk Nutsafir diharapkan digemari masyarakat hingga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Mandalika.
"Saya berkesempatan hadir lagi di
booth UMKM Pertamina tahun ini. Harapan kami, lewat
event Pertamina Grand Prix of Indonesia, produk bisa lebih dikenal, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional,” jelas Sayuk saat ditemui di tokonya di Jalan Angsoka, Kota Mataram, Rabu, 1 Oktober 2025.
Berdiri sejak 2012 sebagai usaha rumahan, kini Nutsafir telah berkembang pesat dengan 16 karyawan dan kapasitas produksi mencapai 50 kilogram per hari.
“Awalnya kami hanya memproduksi satu varian
cookies kacang hijau, sehari pun hanya sekitar 2 kg. Sekarang minimal bisa 50 kg per hari,” ujarnya.
Perjalanan usaha ini meningkat signifikan sejak menjadi mitra binaan Pertamina pada 2021. Melalui ajang Pertamina UMK Academy, Nutsafir berhasil meraih juara dua dan mendapatkan berbagai pelatihan, mulai dari strategi pemasaran digital hingga manajemen bisnis.
Selain itu, Pertamina secara konsisten membuka peluang promosi melalui pameran nasional maupun event internasional seperti Pertamina Grand Prix of Indonesia.
“Banyak sekali manfaatnya. Selain pelatihan, kami difasilitasi ikut pameran, termasuk Trade Expo Indonesia hingga Pertamina Grand Prix of Indonesia. Dampaknya besar, omzet meningkat, pasar semakin luas, dan kami bisa membuka lebih banyak lapangan kerja,” tambah Sayuk.
Cita rasa khas kue kering Nutsafir tidak hanya dikenal sebagai oleh-oleh khas Lombok yang bisa ditemui di outlet oleh-oleh, bahkan sudah menembus pasar global. Saat ini, produk tersebut telah tiga kali dikirim ke Adelaide, Australia, serta diekspor ke Selandia Baru.
"Kami ingin produk lokal NTB benar-benar bisa
go global. Pertamina sudah memberi kami kesempatan luar biasa untuk tumbuh, kami berharap pendampingan ini terus berlanjut agar kami bisa semakin besar,” pungkas Sayuk.
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menambahkan, dukungan Pertamina dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2025 tidak hanya untuk menggiatkan ajang olahraga, melainkan wadah strategis mengangkat produk UMKM lokal agar semakin dikenal luas hingga ke pasar global.
"Kami berharap, ajang internasional ini bisa memacu perekonomian daerah dan
multiplier effect lainnya terutama pada sektor pariwisata, UMKM, dan ekonomi," jelas Fadjar.
BERITA TERKAIT: