Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero), M. Erry Sugiharto, menyampaikan, Pertamina SMEXPO yang mengangkat tema "Lokal jadi Vokal" adalah bentuk dukungan nyata bagi UMKM.
"Pertamina SMEXPO menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas UMKM sehingga mereka lebih dikenal, diakui, dan berdaya saing tinggi di lingkup nasional maupun global," ujar Erry dalam keterangan tertulis, Sabtu 27 September 2025.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, melalui SMEXPO, Pertamina konsisten menghadirkan wadah pengembangan UMKM yang mampu menciptakan lapangan kerja, mendorong kewirausahaan, serta memperkuat industri kreatif di Indonesia.
“Hal ini juga sejalan dengan Asta Cita Pemerintah poin ketiga, yakni meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur,” jelas Fadjar.
SMEXPO Regional Yogyakarta menampilkan UMKM binaan Pertamina dari program PFpreneur, UMK Academy, dan Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT). Selain itu, acara ini juga menghadirkan 35 UMKM kerajinan, fesyen, dan kuliner binaan untuk menggerakkan ekonomi rakyat.
Rangkaian Pertamina SMEXPO 2025 diawali dengan Kick Off SMEXPO Merah Putih di Grha Pertamina Jakarta pada 11-15 Agustus 2025, dilanjutkan roadshow SMEXPO Regional di Yogyakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, dan Jakarta sepanjang Agustus-Oktober 2025.
Nantinya, rangkaian akan ditutup dengan Puncak SMEXPO Nasional di Tangerang pada November 2025 yang merepresentasikan keragaman UMKM lokal berkualitas dari seluruh Indonesia dalam satu panggung kreatif dan inovatif.
BERITA TERKAIT: