Kasus ini pun telah diselesaikan dengan baik antara pemilik kendaraan dengan pihak Pertamina Patra Niaga. Usai viral di media sosial, Pertamina Patra Niaga langsung melakukan pengecekan kualitas produk BBM di SPBU terkait, dan memastikan kualitas produk yang tersedia sesuai standar dan spesifikasi yang berlaku.
Pertamina juga langsung menghubungi pemilik kendaraan dan bengkel resmi dalam rangka aksi cepat tanggap menyelesaikan keluhan pelanggan atas nama Stella selaku pemilik kendaraan.
“Untuk kondisi mobilnya sekarang sudah normal. Saya sudah coba setelah pengambilan dari bengkel resmi Lexus di Menteng. Saat menggunakan Pertamax Turbo di SPBU Cikini lalu dibawa ke Tangerang, mobil berjalan mulus tanpa kendala,” jelas Stella dalam keterangan tertulis Pertamina, Kamis, 25 September 2025.
Sebagai konsumen, Stella berterima kasih dan mengapresiasi langkah cepat Pertamina Patra Niaga yang sigap menanggapi keluhannya.
“Pertamina langsung datang menemui saya, dan saya apresiasi cepat tanggap serta sigap dalam menangani keluhan pelanggan,” tambahnya.
Dari hasil pengecekan teknis, diketahui bahwa kendaraan dengan tipe Lexus memiliki spesifikasi mesin yang membutuhkan perlakuan khusus, termasuk penggunaan bahan bakar dengan standar oktan tertentu sesuai rekomendasi pabrikan minimal bahan bakar oktan 95 ke atas.
Kendaraan dengan teknologi mesin modern dan berkompresi tinggi pada umumnya memerlukan BBM berkualitas tinggi seperti Pertamax Turbo dengan angka oktan 98 agar performa terjaga secara optimal, pembakaran mesin aman, dan terhindar dari potensi kendala performa.
Dalam kesempatan tersebut, Pertamina Patra Niaga bersama pihak bengkel juga berbagi edukasi langsung kepada pemilik kendaraan mengenai pentingnya pemilihan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin.
"Pilihan BBM jenis Pertamax Turbo dengan RON 98 telah diisi ke kendaraan Lexus sebagai pilihan BBM yang sesuai menunjang performa kendaraan sejenis Lexus,” kata Pj. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Roberth MV Dumatubun.
Pertamina Patra Niaga menegaskan komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik, menghadirkan produk BBM berkualitas, serta melakukan edukasi berkelanjutan kepada masyarakat terkait penggunaan bahan bakar yang tepat.
“Kami juga membuka layanan pengaduan konsumen jika terdapat keluhan mengenai produk maupun layanan Pertamina Patra Niaga melalui contact center 135 atau social media @pertamina135”, tutup Roberth.
BERITA TERKAIT: