“Melalui AJP 2025, kami mengajak para jurnalis menghadirkan karya-karya jurnalistik yang inspiratif dan berdampak bagi masyarakat. Ini bukan sekadar kompetisi, tapi juga ruang tumbuh dan edukasi bersama,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso di Bandung, Selasa, 19 Agustus 2025.
Seluruh proses penjurian dilakukan secara independen oleh dewan juri dari akademisi, praktisi media, pengamat energi, fotografer profesional, dan pakar komunikasi.
Lebih lanjut Fadjar juga membagikan beberapa catatan penting dari para juri AJP 2024 yang dapat dijadikan tips dan trik bagi jurnalis yang akan ikut serta perhelatan AJP 2025.
Dalam menyiapkan karya jurnalistik diutamakan
feature news, pastikan seluruh data nama daerah seperti kabupaten, kota, hingga provinsi dicantumkan dan didukung sumber resmi dari instansi atau pihak terkait.
Tips selanjutnya hindari
typo penulisan, kembangkan narasi dengan melibatkan narasumber selain Pertamina seperti pemerintah daerah atau penerima manfaat CSR.
Menurut Fadjar, judul yang menarik juga menjadi perhatian dewan juri, serta tekankan narasi pada substansi dan dampak nyata terhadap masyarakat.
Bagi jurnalis foto, dapat menggunakan pendekatan
photo essay, dan untuk jurnalis TV pastikan kualitas pencahayaan dalam video maksimal.
“Tips ini penting agar jurnalis dapat mengasah kualitas karyanya, bukan hanya dari sisi teknis, tetapi juga dalam menyampaikan pesan yang kuat dan edukasi kepada masyarakat,” tambah Fadjar.
AJP 2025 membuka delapan kategori lomba dalam dua pilar, yaitu Bisnis dan Non-Bisnis, meliputi Karya Tulis, Karya TV, Karya Radio, dan Essay Foto. Menariknya, peserta boleh mengirimkan karya sebanyak-banyaknya tanpa batasan jumlah.
Karya yang diikutsertakan dapat yang telah dipublikasikan dalam periode 1 November 2024 hingga 31 Oktober 2025.
Pertamina juga sudah melakukan sosialisasi AJP 2025 di beberapa wilayah teritori seluruh Indonesia, termasuk di teritori Jawa Bagian Barat (JBB) yang dilaksanakan di Bandung pada 19 Agustus 2025.
Kegiatan sosialisasi JBB dihadiri sebanyak 74 media yang diselenggarakan oleh Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan.
“AJP bukan sekadar ajang kompetisi, tapi momen untuk mempererat hubungan media dan Pertamina dalam membangun semangat komunikasi yang positif dan edukatif,” tutup Fadjar.
BERITA TERKAIT: