Di era digital saat ini, kekuatan media daring menjadi kunci membangun pemahaman publik mengenai hulu hilir energi.
“Sebagai perusahaan energi, Pertamina punya peran strategis membentuk narasi yang tepat kepada masyarakat mengenai hulu hilir energi,” jelas Corporate Secretary Pertamina, Arya Dwi Paramita dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 13 Agustus 2025.
Di sektor hulu, Pertamina mengedukasi masyarakat tentang proses produksi minyak dan gas bumi (Migas), membangun fleksibilitas kilang, pembangunan infrastruktur energi. Begitupun peran di hilir seperti transformasi bisnis ritel dan layanan.
Pertamina juga mengomunikasikan upaya transisi energi seperti pengembangan biofuel, geothermal, hilirisasi produk kimia, dan bisnis rendah karbon lainnya.
Menurutnya, media digital adalah kanal efektif untuk mencapai tujuan reputasi perusahaan. Strategi komunikasi Pertamina selaras dengan visi besar pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 dan asta cita pemerintah Presiden Prabowo Subianto.
“Komunikasi memiliki tujuan jelas dalam menjaga dan membangun reputasi perusahaan, menyampaikan program strategis energi dan lingkungan, menjadi kanal layanan publik yang responsif, serta menangkal hoaks dan disinformasi,” pungkas Arya.
BERITA TERKAIT: