Layanan BI-Fast Lumpuh di Long Weekend, Bank Besar Akui Gangguan dari BI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 31 Mei 2025, 10:23 WIB
Layanan BI-Fast Lumpuh di Long Weekend, Bank Besar Akui Gangguan dari BI
Ilustrasi/Tangkapan layar RMOL
rmol news logo Sistem transfer antarbank BI-Fast dilaporkan mengalami gangguan pada Sabtu pagi 31 Mei 2025, bertepatan dengan libur panjang akhir pekan. 

Kondisi ini langsung memicu gelombang keluhan dari pengguna media sosial, terutama di platform X.

Sejumlah warganet mengaku kesulitan melakukan transaksi keuangan lintas bank. Bahkan, tak sedikit yang menyindir bahwa sistem BI-Fast seolah "ikut libur".

“Ini BI fast pas weekend ikutan libur kah?” tulis salah satu pengguna X.

“BI fast gk bisa semua sekarang, trpaksa transfer online dengan biaya lebih mahal.. sedihhh,” keluh warganet lain yang terpaksa menggunakan metode transfer konvensional berbiaya lebih tinggi.

Merespons keluhan tersebut, sejumlah bank besar seperti Bank Mandiri, BCA, BSI, dan Permata Bank langsung angkat suara. Mereka mengonfirmasi adanya gangguan teknis dalam layanan BI-Fast, yang berasal dari sisi Bank Indonesia (BI).

“Halo Sahabat, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini, untuk transaksi antarbank menggunakan BI-Fast sedang dilakukan penutupan ke beberapa bank,” tulis akun resmi Bank Mandiri. Pihaknya juga meminta nasabah untuk menyampaikan detail bank tujuan lewat pesan langsung untuk ditindaklanjuti.

Senada, akun resmi BCA juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan tersebut.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Untuk saat ini terdapat kendala transaksi BI Fast dari pihak Bank Indonesia,” demikian pernyataan BCA di platform X.

Sementara itu, Permata Bank menyebut gangguan ini terjadi akibat proses optimalisasi sistem oleh BI. 

“Mohon dapat melakukan pengecekan secara berkala. Atau demi kelancaran bertransaksi untuk menggunakan metode transfer online,” tulis pihak Permata Bank.

Berdasarkan pantauan langsung RMOL hingga pukul 10.00 WIB, layanan BI-Fast di Bank BCA masih belum dapat digunakan. Sistem menampilkan pemberitahuan bahwa fitur tersebut sedang dalam perbaikan.

“Layanan BI-FAST eksternal saat ini sedang dalam perbaikan. Silakan gunakan layanan transfer BCA lainnya,” demikian notifikasi yang muncul dalam layanan transfer BCA.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Bank Indonesia terkait gangguan sistem BI-Fast yang terjadi di tengah libur panjang.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA