Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lampaui Ekspektasi, Ekonomi Malaysia Tumbuh 5,3 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 21 Oktober 2024, 15:15 WIB
Lampaui Ekspektasi, Ekonomi Malaysia Tumbuh 5,3 Persen
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Ekonomi Malaysia menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dari perkiraan pada kuartal III-2024, didorong oleh peningkatan di sektor jasa dan manufaktur.

Seperti dikutip Bloomberg, Senin 21 Oktober 2024, Departemen Statistik Malaysia mengungkapkan bahwa produk domestik bruto (PDB) negara tersebut mencatat pertumbuhan 5,3 persen pada periode Juli-September 2024, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Angka ini lebih tinggi dari prediksi survei Bloomberg yang memperkirakan pertumbuhan negara tetangga RI itu sebesar 5,1 persen, meskipun masih di bawah ekspansi 5,9 persen pada kuartal sebelumnya. Namun, pertumbuhan ekonomi secara kuartalan juga tercatat meningkat. 

"Secara kuartal-ke-kuartal, ekonomi Malaysia tumbuh 4,6 persen pada kuartal lalu, lebih tinggi dari 0,8 persen di triwulan sebelumnya," kata kementerian tersebut.

Departemen Statistik Malaysia melaporkan hampir semua sektor ekonomi mengalami kinerja positif pada kuartal tersebut, dengan sektor jasa dan manufaktur disebut sebagai motor utama pertumbuhan. 

Namun, sektor pertambangan dan penggalian mengalami penurunan dalam periode yang sama.

Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Malaysia mencapai 5,1 persen sepanjang tiga kuartal pertama tahun 2024, meningkat dibandingkan 3,8 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA