Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Indonesia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,5 Persen pada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 16 Oktober 2024, 15:48 WIB
Bank Indonesia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,5 Persen pada 2024
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Rabu 16 Oktober 2024/Tangkapan Layar
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan mencapai kisaran 4,7 hingga 5,5 persen pada akhir tahun 2024.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan prediksi ini didukung oleh tren positif yang terlihat pada triwulan IV-2024, di mana perekonomian diperkirakan akan terus tumbuh dengan baik.

Perry menjelaskan, peningkatan tersebut terutama ditopang oleh membaiknya investasi dan konsumsi rumah tangga, serta meningkatnya belanja pemerintah pada akhir tahun. 

"Secara keseluruhan tahun, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2024 berada dalam kisaran 4,7-5,5 persen dan meningkat pada 2025," katanya dalam konferensi pers Rabu 16 Oktober 2024.

Untuk mencapai target tersebut, Perry menekankan pentingnya  berbagai upaya untuk mendorong pertumbuhan, baik dari sisi permintaan maupun dari sisi penawaran. 

"Untuk itu, Bank Indonesia memperkuat bauran kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar lebih tinggi, bersinergi erat dengan kebijakan stimulus fiskal Pemerintah. Dari sisi penawaran, kebijakan reformasi struktural perlu terus diperkuat untuk mendorong sektor ekonomi yang dapat menyerap tenaga kerja," tutur Perry.

Ia juga menambahkan bahwa BI akan mengoptimalkan kebijakan makroprudensial dan mempercepat digitalisasi transaksi pembayaran sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA