Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Dorong UMKM di Pameran Pangan Nusa Ekspansi ke Pasar Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 09 Oktober 2024, 16:39 WIB
Mendag Zulhas Dorong UMKM di Pameran Pangan Nusa Ekspansi ke Pasar Global
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bersama salah satu UMKM yang ikut dalam Pameran Pangan Nusa, di ICE BSD, Tanggerang/RMOL
rmol news logo Pameran Pangan Nusa yang diadakan dalam rangkaian Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 mendapat dorongan kuat untuk bisa menembus pasar internasional. 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, menyatakan bahwa sebanyak 226 UMKM terlibat dalam pameran ini dengan memamerkan produk makanan bercita rasa khas Indonesia.

"Pangan Nusa ini ada 226 UMKM yang kita sertakan agar secara bertahap nanti bisa merambah tidak hanya dalam negeri kita, tetapi bisa merambah pasar dunia," ujar Zulhas dalam pembukaan Pangan Nusa 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Zulhas menekankan bahwa kuliner dan produk pangan Indonesia memiliki kekayaan rasa yang luar biasa, dan berpotensi menjadi unggulan di kancah internasional. 

Namun, ia juga mengingatkan perlunya usaha lebih keras agar produk-produk tersebut bisa dikenal lebih luas, mengingat dominasi kuliner negara lain seperti Thailand di berbagai belahan dunia.

"Tetapi kalau kita pergi ke mana pun yang ada itu misalnya makanan Thailand, Vietnam. Oleh karena itu kita mesti bekerja lebih keras lagi," katanya.

Adapun Pameran Pangan Nusa 2024 ini mengusung tema "Cita Rasa Nusantara untuk Dunia" yang menampilkan berbagai produk unggulan dari 34 provinsi di Indonesia, baik dalam bentuk kuliner maupun pangan kemasan. 

Pameran ini telah menjadi bagian dari TEI sejak 2018, dengan tujuan memperkuat peran UMKM yang dianggap sebagai tulang punggung perekonomian nasional. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA