Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sektor Industri Jerman Meningkat, Lebih Tinggi dari Perkiraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Oktober 2024, 09:23 WIB
Sektor Industri Jerman Meningkat, Lebih Tinggi dari Perkiraan
Ilustrasi/Ist
rmol news logo Sektor industri Jerman mempercepat laju ekspansinya di Agustus.

Menurut data terbaru dari Destatis pada Selasa 8 Oktober 2024, produksi industri di negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Zona Euro ini naik 2,9 persen MoM.

Kenaikan ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 0,8 persen dan penurunan -2,4 persen yang dilaporkan di Juli lalu.

Kenaikan tersebut didorong oleh peningkatan tajam di sektor manufaktur mobil yang bergejolak, dengan produksi naik 19,3 persen, menyusul penurunan 9,2 persen pada Juli.

Produksi sektor otomotif sangat bervariasi, yang secara signifikan mempengaruhi angka bulanan secara keseluruhan.

Kementerian Ekonomi Jerman memperingatkan bahwa peningkatan pada Agustus tidak menandakan dimulainya kebangkitan industri. Kementerian bahkan mencatat bahwa indikator sentimen "tetap suram".

"Sektor manufaktur di Jerman diperkirakan akan tetap lesu untuk saat ini," kata Kementerian, dikutip dari AFP.

Biaya energi yang lebih tinggi di tengah perang Rusia di Ukraina, melemahnya permintaan dari pasar utama Tiongkok, dan perlambatan industri semuanya telah membebani ekonomi Jerman, yang menyusut pada tahun 2023.

Harapan bahwa meredanya inflasi akan mendorong pemulihan tahun ini memudar. Kementerian Ekonomi diperkirakan akan memangkas prospeknya saat mengungkap prakiraan ekonomi terbaru. 

Para analis mengatakan, perekonomian Jerman berada dalam posisi yang sama seperti tahun lalu, di mana pertumbuhan ekonomi zona Euro yang lamban dengan sedikit tanda-tanda perbaikan yang akan segera terjadi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA