Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertumbuhan ASEAN+3 Diprediksi Melemah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 07 Oktober 2024, 01:20 WIB
Pertumbuhan ASEAN+3 Diprediksi Melemah
Foto: SCMP
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi tahun ini untuk negara-negara ASEAN plus Tiongkok dan Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan diperkirakan mengalami pelemahan dari 4,4 persen menjadi 4,2 persen.

Menurut Riset Makroekonomi ASEAN+3 (Amro), seperti dikutip dari South China Morning Post (SCMP), pelemahan terjadi karena penyesuaian untuk Tiongkok dan Vietnam.

Lembaga peneliti yang berbasis di Singapura tersebut merevisi ekspektasi pertumbuhan ekonomi 2024 untuk Tiongkok dari 5,3 persen menjadi 5 persen dan untuk Vietnam dari 6,3 persen menjadi 6,2 persen. Revisi ini disampaikan dalam laporan “Prospek Ekonomi Regional ASEAN+3 (AREO)” yang dirilis pekan lalu.

Sementara itu, ASEAN  diperkirakan akan tumbuh sebesar 4,7 persen pada tahun 2024, dan tiga negara lainnya di luar ASEAN diproyeksikan hanya tumbuh sebesar 4,1 persen secara keseluruhan.

“Pertumbuhan kawasan ini akan didorong oleh pemulihan berkelanjutan dalam perdagangan luar negeri, permintaan domestik yang tangguh, dan peningkatan pariwisata karena kebijakan visa yang longgar di beberapa negara,” kata laporan itu.

Namun, sementara pertumbuhan Tiongkok pada paruh pertama tahun ini menempatkannya di jalur yang tepat untuk mencapai target pertumbuhan produk domestik bruto tahunannya sebesar “sekitar 5 persen”, laporan itu juga mencatat bahwa pertumbuhan yang lebih lambat pada kuartal kedua telah berkontribusi pada perkiraan yang lebih rendah.

“Faktor-faktor utama termasuk data ketenagakerjaan AS yang lebih lemah dari yang diharapkan, pertumbuhan yang lebih lambat di Tiongkok pada kuartal kedua, turbulensi pasar keuangan global pada bulan Agustus, dan dinamika yang berubah dalam pemilihan presiden AS mendatang,” tambah laporan itu.

Bank Pembangunan Asia (ADB) menerbitkan perkiraan terbarunya untuk kawasan tersebut minggu lalu, menurunkan ekspektasi untuk Asia Tenggara dari 4,6 persen menjadi pertumbuhan 4,5 persen pada tahun 2024.

Namun, ekspektasinya untuk pertumbuhan Tiongkok tetap tidak berubah pada 4,8 persen dari prospek bulan April.

Minggu lalu, S&P Global juga memangkas prospek pertumbuhan PDB Tiongkok dari 4,8 persen menjadi 4,6 persen.

Perusahaan ini juga menurunkan perkiraannya untuk kawasan Asia-Pasifik menjadi 4,4 persen untuk tahun 2024 dan 2025.

Pekan lalu, Tiongkok memperkenalkan paket stimulus untuk mendongkrak ekonominya yang tengah berjuang dengan melemahnya permintaan domestik dan tekanan di sektor properti.

Kebijakan tersebut mencakup pemotongan suku bunga acuan dan rasio persyaratan cadangan untuk bank, pengurangan suku bunga hipotek yang belum dibayar bagi pembeli rumah, dan penyuntikan likuiditas ke pasar ekuitas.

Tiongkok diperkirakan akan menerbitkan data ekonominya untuk bulan September dan kuartal ketiga akhir bulan ini.

Perusahaan ini melaporkan pertumbuhan PDB yang lebih baik dari perkiraan sebesar 5,3 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, meskipun ekspansi Tiongkok merosot menjadi 4,7 persen pada kuartal kedua.

Tahun lalu, Tiongkok melaporkan pertumbuhan PDB sebesar 5,2 persen, yang sejalan dengan perkiraan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA