Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Sukses Jaga Inflasi Tetap Stabil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 12:38 WIB
Jokowi Sukses Jaga Inflasi Tetap Stabil
Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Tingkat inflasi selama 10 tahun terakhir atau sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rata-rata mencapai 3,79 persen per tahun dinilai cukup stabil karena tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Hal ini diungkap Deputi III KSP Bidang Perekonomian, Edi Priyono, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk evaluasi 1 dekade pemerintahan Jokowi yang diselenggarakan Indef di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

"Ini adalah salah satu capaian yang terbesar dari pemerintahan Pak Jokowi," kata Edi seperti dikutip redaksi.

Menurutnya, di awal masa pemerintahan Jokowi, masih ada keraguan apakah rendahnya inflasi hanya bersifat sementara atau menandakan perubahan permanen. Namun, data menunjukkan bahwa Indonesia kini telah memasuki rezim inflasi rendah secara konsisten.

Edi mengungkap, betapa seriusnya perhatian  Jokowi terhadap pengendalian inflasi. 

Hal ini terlihat dari setiap pekan, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri rutin menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah, yang menjadi salah satu upaya konkret pemerintah dalam menjaga kestabilan harga.

"Sempat ada usul satu minggu itu terlalu sering, jadi kita bosen juga bicarakan hal yang sama. Kemudian Pak Mendagri menyampaikan itu ke presiden," jelasnya.

Jawaban Jokowi pun tegas, bahwa pertemuan mingguan harus tetap dilakukan. Hal ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah dalam memastikan pergerakan harga terpantau dengan baik.

"Pak presiden menegaskan rapat tetap seminggu sekali, karena harga, pergerakannya harus dipantau sesering mungkin," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA