Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Dunia Langsung Mendidih Usai Iran Luncurkan Rudal ke Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 02 Oktober 2024, 09:45 WIB
Harga Minyak Dunia Langsung Mendidih Usai Iran Luncurkan Rudal ke Israel
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga minyak mentah dunia terpantau melonjak tajam pada penutupan perdagangan Selasa (1/10) di tengah meningkatnya eskalasi konflik di Timur Tengah.

Dikutip dari Reuters, minyak mentah Brent tercatat naik hingga 3,43 persen ke level 74,47 Dolar AS per barel, sedangkan minyak mentah WTI AS menguat 3,58 persen ke posisi 70,90 Dolar per barel.

Meningkatnya harga minyak dunia ini terjadi setelah Iran menghujani serangan rudal ke Israel, yang merupakan aksi balasan atas pembunuhan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, serta sejumlah pemimpin senior lainnya dari kelompok militan tersebut.

Konflik yang kian memanas ini semakin meluas usai Israel memulai invasi ke selatan Lebanon dan melancarkan serangan rudal ke Suriah sembari melanjutkan operasi militernya di Jalur Gaza.

Untuk diketahui, Iran adalah salah satu produsen minyak utama di kawasan, untuk itu, eskalasi lebih lanjut telah membuat pasar khawatir akan terganggunya produksi minyak dari negara tersebut.

Sejumlah pengamat berpendapat bahwa reaksi pasar minyak akan sangat bergantung pada skala dan kerusakan dari setiap serangan Iran, yang dapat menentukan respons Israel dan lebih lanjut mengguncang kestabilan kawasan.

Di sisi lain, mengutip Trading Economics, Rabu (2/10), Libya tengah bersiap untuk memulai kembali produksinya setelah menyelesaikan konflik internal. Sebagai informasi, negara ini memproduksi 1,2 juta barel per hari, tetapi produksi sempat turun di bawah 450.000 barel pada Agustus akibat ketidakstabilan politik.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA