Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arus Balik Long Weekend, Puluhan Ribu Penumpang Bakal Balik dari Bandung Pakai Whoosh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 16 September 2024, 14:05 WIB
Arus Balik Long Weekend, Puluhan Ribu Penumpang Bakal Balik dari Bandung Pakai Whoosh
Kereta Cepat Whoosh/Net
rmol news logo Memasuki hari terakhir libur panjang akhir pekan kali ini, peningkatan penumpang Whoosh yang kembali ke Jakarta sudah terlihat sejak Senin (16/8) pagi ini dari arah Bandung.

PT KCIC memprediksi total volume penumpang pada hari akan kembali mencapai angka lebih dari 20 ribu.

Berdasarkan pantauan hingga pagi ini sebanyak 18 ribu tiket whoosh telah terjual, dari jumlah tersebut 70 persen diantaranya berasal dari wilayah Bandung, yakni Stasiun Padalarang dan Tegalluar Summarecon yang akan menuju Jakarta.

"Secara total hingga hari ini lebih dari 90 ribu tiket telah terjual untuk perjalanan mulai tanggal 13-16 september, tertinggi volume penumpang terjadi pada Sabtu (14/9) dimana angka volume penumpang mencapai 23.500 dalam satu hari,” kata General Manager Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya.

KCIC sudah mengantisipasi peningkatan arus balik ini dengan mempersiapkan perjalanan Whoosh sebanyak 48 perjalanan atau total sebanyak 28 ribu tempat duduk.

Masyarakat sudah bisa mendapatkan tiket Whoosh secara online melalui kanal resmi seperti aplikasi Whoosh, situs resmi hingga aplikasi mitra seperti KAI Access, Livin Mandiri, Brimo hingga BNI Mobile. Serta jalur offline seperti loket dan Ticket Vending Machine (TVM) di Stasiun.

Tidak hanya mempersiapkan stasiun dan kereta Whoosh, KCIC juga telah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola KA Feeder KA Cepat untuk menyiapkan sarana KA Feeder yang andal.

Penumpang Whoosh dengan tiket Padalarang-Halim, maupun Tegalluar Summarecon-Halim dapat menggunakan fasilitas KA Feeder dari Stasiun Bandung dan Cimahi untuk mempermudah akses menuju Stasiun Padalarang.

Untuk mengantisipasi kepadatan, KCIC juga telah menambah 50 kursi tambahan di ruang tunggu KA Feeder Bandung dan Cimahi guna meningkatkan kenyamanan penumpang.

Eva menjelaskan, meski terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasa, seluruh pelayanan di stasiun dan kereta sudah dipersiapkan dengan baik oleh KCIC.

"KCIC siap melayani penumpang dengan baik pada masa arus balik libur panjang akhir pekan ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan baik, untuk menghadirkan layanan whoosh yang selamat, aman, nyaman, lancar, dan terkendali." tutur Eva. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA