Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BRI Konsisten Terapkan ESG dan Penuhi Standar Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 13 September 2024, 22:04 WIB
BRI Konsisten Terapkan ESG dan Penuhi Standar Internasional
Director of Compliance BRI, A Solichin Lutfiyanto/Dok BRI
rmol news logo PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memastikan tidak hanya fokus pada pertumbuhan finansial melainkan juga dampak sosial dan lingkungan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Bahkan BRI telah mengadopsi ESG sejak tahun 2013 sebagai komitmen nyata terhadap keberlanjutan.

“Kami telah mengadopsi prinsip ESG sejak 2013. BRI terus berkomitmen pada keberlanjutan dengan meraih skor rating internasional yang baik,” kata Director of Compliance BRI, A Solichin Lutfiyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/9).

Melalui penerapan ESg, BRI berhasil meraih peringkat bergengsi dari ASEAN Corporate Governance Scored Card (ACGS) untuk perusahaan tercatat dengan memuncaki Top 3 Public Limited Company (PLCs) di Indonesia. Selain itu, BRI juga meraih penghargaan di kategori ASEAN Asset Class PLCs.

BRI juga telah menyelesaikan annual review bersama dengan Morningstar Sustainalytics. Hasilnya, secara konsisten BRI berhasil menurunkan skor ESG risk rating-nya. Penilaian ini mengantarkan BRI menyandang predikat low risk selama dua tahun berturut-turut.

Pada penilaian terakhir, BRI memperoleh skor 17,8, jauh lebih baik dibandingkan skor high risk yang diraih pada 2020.

Dia juga menyoroti pentingnya transparansi dalam laporan ESG. Ini perlu dilakukan karena masih banyak pihak yang baru mengenal ESG, sehingga sering kali hanya melihat hasil akhir tanpa memahami proses yang mendasarinya.

Pada dasarnya Solichin menyadari perjalanan menuju pencapaian skor ESG bukan hal mudah, melainkan memerlukan usaha dan perbaikan berkelanjutan.

“BRI selalu berusaha memberikan laporan yang jelas dan akurat untuk menunjukkan komitmen kami terhadap prinsip ESG," ujarnya. 

Sementara itu, Ekonom Ryan Kiryanto mengapresiasi komitmen BRI dalam penerapan prinsip ESG. BRI, kata dia, telah berhasil mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam operasionalnya dengan cara transparan dan berdampak nyata.

"BRI adalah contoh cemerlang dari sebuah institusi keuangan yang tidak hanya memenuhi standar ESG, tetapi juga menunjukkan dedikasi yang konsisten dalam menerapkannya,” jelas Ryan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA