Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Emas Dunia Loyo Usai Rilis Data Inflasi AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 12 September 2024, 10:10 WIB
Harga Emas Dunia Loyo Usai Rilis Data Inflasi AS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga emas dunia terkoreksi pada penutupan perdagangan Rabu (11/9) waktu setempat, setelah rilis data inflasi di Negeri Paman Sam melambat lebih dari yang diperkirakan bulan lalu.

Berdasarkan data pasar, emas spot (XAU/USD) turun tipis 0,20 persen secara harian ke level 2.511,67 Dolar AS per troy ons, setelah sempat menguat dua hari beruntun.

Sementara itu, dolar dan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) meningkat usai rilis data inflasi AS.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan, Indeks Harga Konsumen (CPI) naik 2,5 persen secara tahunan (YoY) pada Agustus, turun dari 2,9 persen sebulan sebelumnya dan di bawah perkiraan konsensus sebesar 2,6 persen.

Sementara itu, CPI inti, yang tidak memasukkan harga makanan dan energi yang volatil, tidak berubah dari Juli kemarin dengan laju tahunan 3,2 persen, sesuai dengan perkiraan konsensus.

Data ini memperkuat ekspektasi bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) akan menurunkan suku bunganya sebesar 25 basis poin (bps) pekan depan atau dalam rapat Federal Open Market Committee (FOMC).

Selain soal data inflasi, penurunan emas ini juga terjadi diyakini terjadi usai debat sengit pada Selasa antara mantan Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Kamala Harris. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA