Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, peran generasi muda dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri sangatlah penting, salah satunya dengan menggaungkan gerakan nasional bangga buatan Indonesia melalui konten digital.
"Kemudian generasi muda juga dapat dijadikan sebagai duta produk lokal dengan membeli dan menggunakan produk lokal. Sebab penduduk usia produktif memiliki daya beli yang besar dan menjadi target pasar yang potensial," kata Zulhas, dikutip Senin (9.9)
Potensi besar generasi muda sebagai pengguna produk dalam negeri tersebut juga didukung dari adanya potensi besar perkembangan ekonomi digital Indonesia yang pada 2023 mencapai 82 miliar Dolar AS dimana pengguna internet pada Maret 2023 mencapai 215,63 juta jiwa.
"Kemudian lima sektor ekonomi digital yang tumbuh seperti e-commerce yang nilai transaksinya mencapai Rp453,75 triliun di 2023, fintech, edutech, healthech, dan media online yang tidak jauh pemanfaatannya dari generasi muda," paparnya.
Zulhas kemudian mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi nasional di 2024 berada di kisaran 4,5-5,5 persen, seiring berlanjutnya pembangunan proyek strategis nasional.
"Dan untuk neraca perdagangan mengalami surplus berturut-turut," katanya.
BERITA TERKAIT: