Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia Tembus Rp372 Triliun di 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 31 Agustus 2024, 11:49 WIB
Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia Tembus Rp372 Triliun di 2023
Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim/Repro
rmol news logo Hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia terus menunjukkan perkembangan positif dengan total perdagangan mencapai 24 miliar Dolar AS atau sekitar Rp372 triliun sepanjang tahun 2023. 
HUT 79 RI

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin, dalam peringatan Hari Kebangsaan Malaysia ke-67 di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Sabtu (31/8).

“Pada tahun 2023, hubungan Malaysia dan Indonesia terus berkembang di berbagai bidang. Perdagangan bilateral pada tahun lalu mencapai 24 miliar Dolar AS, dimana Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-7 di dunia dan ke-3 terbesar di ASEAN,” katanya.

Selain itu, Ia juga mencatat bahwa Malaysia merupakan investor asing terbesar kelima di Indonesia dengan nilai investasi mencapai 4,1 miliar Dolar AS.

Selain perdagangan, Dubes Syed Mohamad Hasrin juga menyoroti tingginya angka kunjungan serta para pelajar yang menempuh pendidikan di Malaysia dan Indonesia.

“Sekitar 3,1 juta orang Indonesia juga tercatat telah mengunjungi Malaysia dan 1,9 juta orang Malaysia telah melakukan perjalanan ke Indonesia. Selain itu, sekitar 10 ribu pelajar Indonesia belajar di Malaysia dan sekitar 1200 lebih pelajar Malaysia belajar di Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, ia yakin bahwa persahabatan antar kedua negara akan terus berkembang di masa depan. Dikatakan Dubes, pihaknya akan terus berupaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara agar saling menguntungkan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA