Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Teten Apresiasi Program Pertamina UMK Academy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 30 Agustus 2024, 18:52 WIB
Menteri Teten Apresiasi Program Pertamina UMK Academy
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat kick off Pertamina UMK Academy 2024/Ist
rmol news logo Pertamina UMK Academy berskala nasional sukses dibuka dengan mengusung tema Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju.
HUT 79 RI

Pertamina UMK Academy 2024 skala nasional merupakan kelanjutan dari program tingkat regional. Pada skala regional ada 8.500 pendaftar dan disaring menjadi 1.686 UMK untuk mengikuti program tersebut. Dari jumlah tersebut, sebanyak 523 UMK lolos ke level nasional.

Pertamina UMK Academy 2024 ini pun menuai apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Program PT Pertamina ini sejalan dengan program pemerintah dalam mendorong pelaku UMK berdaya saing tinggi.

"Terima kasih kepada Pertamina atas kontribusinya yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan UMK dan ekonomi nasional," kata Teten saat membuka kick off Pertamina UMK Academy 2024 Nasional secara virtual, Kamis (29/8).

UMK memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, antara lain sebagai penyedia lapangan kerja, hingga turut berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB), termasuk terhadap ekspor.

Pertamina UMK Academy ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina. Program ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SGD’s) nomor 8, yaitu menyediakan pekerjaan yang layak yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain membantu UMK naik kelas, Pertamina UMK Academy juga diharapkan meningkatkan jangkauan produk, pengetahuan usaha pemasaran produk secara daring, serta memberikan keahlian berwirausaha untuk menciptakan UMK yang tangguh.

"Para peserta diharapkan semakin sukses, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, pelibatan masyarakat sekitar yang lebih banyak, memperoleh sertifikat nasional dan internasional serta pemasaran produk di luar daerah bahkan di luar negeri," tambah Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya Satyamurti Poerwadi.

Senada, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso berujar, UMK Academy adalah program rutin tahunan dalam upaya pengembangan bisnis UMK.

"Pertamina berkomitmen membantu UMK naik kelas, karena pada akhirnya pelaku UMK ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian baik di daerah maupun nasional," jelas Fadjar. 

Pertamina UMK Academy ini pun sangat dirasakan manfaatnya bagi para pelaku usaha. Salah satunya Pipin Fitria, pemilik Mutiara Gitbay yang dinyatakan lolos menjadi peserta Pertamina UMK Academy 2024 skala nasional.

Ia akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu lebih banyak agar bisnisnya bisa makin berkembang. 
 
"Ini peluang langka, karena di sini saya bisa mendapat kesempatan one by one coaching dari para mentor berpengalaman," ujar Pipin. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA