Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinggalkan Dolar, Indonesia-Korsel Sepakat Dagang Pakai Mata Uang Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 30 Agustus 2024, 18:20 WIB
Tinggalkan Dolar, Indonesia-Korsel Sepakat Dagang Pakai Mata Uang Lokal
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bank Indonesia (BI), Bank of Korea (BOK), dan Kementerian Keuangan Korea Selatan menyepakati kerangka kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi keuangan dan ekonomi (LCT) pada Jumat (30/8).
HUT 79 RI

Kesepakatan yang mulai berlaku pada akhir September mendatang ini bertujuan untuk mengurangi dominasi Dolar serta mendorong penggunaan mata uang lokal Rupiah-Won sebagai alat transaksi perdagangan kedua negara.

Adapun kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang pada Mei 2023 dan kesepakatan kerangka operasional pada Juni 2024.

Dalam pernyataannya, BI mengatakan implementasi kerangka LCT antara Indonesia dan Korea Selatan ini merupakan capaian penting dalam kerja sama keuangan bilateral kedua negara.

"Kerangka LCT akan memperkuat interkoneksi bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) dalam memfasilitasi transaksi berjalan antar negara dengan menggunakan mata uang lokal," bunyi pernyataan BI.

Kerja sama ini juga mendorong kuotasi nilai tukar secara langsung (direct quotation) antara Rupiah terhadap won Korea Selatan serta relaksasi ketentuan yang diperlukan untuk mendorong pemanfaatan LCT.

implementasi kerangka LCT ini ke depannya akan mendorong peningkatan transaksi perdagangan bilateral, mengurangi eksposur risiko nilai tukar, dan meningkatkan efisiensi transaksi.

Untuk memfasilitasi kerja sama, BI dan BOK telah menetapkan sejumlah bank sebagai bank AACD, untuk memfasilitasi pelaksanaan LCT melalui pembukaan rekening mata uang negara mitra di negara masing-masing.

Berikut daftar bank AACD Indonesia:
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank CIMB Niaga Tbk
PT Bank BTPN Tbk
PT Bank Maybank Indonesia Tbk
PT Bank OCBC NISP Tbk
PT Bank DBS Indonesia
PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk
PT Bank KEB Hana Indonesia
PT Bank Shinhan Indonesia
PT Bank IBK Indonesia Tbk
PT Bank KB Bukopin Tbk.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA