Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asing Buru Saham Bank Raksasa hingga Astra, IHSG Cetak Rekor Tertinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 21 Agustus 2024, 12:51 WIB
Asing Buru Saham Bank Raksasa hingga Astra, IHSG Cetak Rekor Tertinggi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Aliran dana asing terus mengalir deras ke pasar saham Indonesia sepanjang Agustus dengan sejumlah saham raksasa menjadi incaran utama pada perdagangan Selasa (20/8). 
HUT 79 RI

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), asing mencatatkan nilai beli bersih (net buy) sebesar Rp1,80 triliun di pasar reguler pada hari tersebut.

Secara keseluruhan, dalam sepekan terakhir, total dana asing yang masuk ke pasar reguler mencapai Rp4,39 triliun. Sebelumnya, pada periode sebelum awal Juli, asing tercatat lebih sering mencatatkan jual bersih (net sell) di bursa saham Indonesia.

Kondisi ini turut berkontribusi terhadap kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang berhasil menembus level 7.500 dan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa (all-time high) di level 7.538,16 pada perdagangan intraday Selasa (20/8). 

IHSG tercatat naik 2,41 persen dalam sepekan dan 3,01 persen dalam sebulan terakhir.

Adapun pada perdagangan Selasa, empat saham utama yang menjadi penopang IHSG, terutama dari sektor perbankan, diborong oleh investor asing. Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatatkan net buy asing sebesar Rp681,6 miliar, dengan harga sahamnya menguat 2,70 persen.

Selain itu, saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) juga mencatatkan net buy sebesar Rp322,5 miliar, seiring kenaikan harga sahamnya sebesar 0,70 persen. Saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) turut menjadi incaran asing dengan net buy sebesar Rp100,7 miliar, yang diikuti dengan kenaikan harga saham sebesar 2,34 persen.

Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), yang merupakan saham nomor satu di bursa, mencatatkan net buy sebesar Rp262,6 miliar, dengan harga sahamnya naik 0,48 persen.

Tidak hanya sektor perbankan, saham PT Astra International Tbk (ASII), yang bergerak di sektor otomotif hingga pertambangan, juga menjadi incaran asing dengan net buy sebesar Rp126,7 miliar. Saham ASII yang tengah mengalami pembalikan arah dalam jangka pendek, ditutup menguat 1,99 persen pada  Selasa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA