Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadir HUT RI, Dirut Pertamina Tegaskan Dukungan Bangun IKN Berenergi Hijau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 17 Agustus 2024, 23:06 WIB
Hadir HUT RI, Dirut Pertamina Tegaskan Dukungan Bangun IKN Berenergi Hijau
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati/Ist
rmol news logo Pertamina mendukung pembangunan Ibu KOta Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru yang unggul, maju, berkelas dunia dan ramah lingkungan. 
HUT 79 RI

Begitu dikatakan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati usai menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8). 

"Visi IKN dan tema HUT Kemerdekaan yakni Nusantara Baru Indonesia Maju selaras dengan visi Pertamina menjadi perusahaan maju kelas dunia yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan," ujarnya. 

Pertamina, imbuh Nicke, terus melakukan inovasi di bidang energi baru terbarukan sebagai bisnis masa depan yang menjanjikan. 

Strategi bisnis energi hijau ramah lingkungan menjadi salah satu fokus Pertamina, untuk memenuhi kebutuhan energi, sekaligus mendukung tercapainya target Pemerintah Indonesia dalam Net Zero Emission 2060. 

Menurut Nicke, Pertamina mendukung kesuksesan peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN sebagai sejarah baru dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sebagai BUMN yang bergerak di bidang energi, Pertamina memastikan kebutuhan energi di IKN tersedia secara memadai. 

Sementara Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, berbagai upaya telah disiapkan Pertamina, mulai dari kesiapan dalam penyediaan dan distribusi BBM dan LPG, penyaluran Gas untuk api abadi hingga fasilitas kesehatan untuk tamu-tamu Negara yang hadir pada upacara di IKN.

“Untuk menjamin ketersediaan BBM dan LPG di Ibukota Negara Subholding Commercial & Trading membentuk Satuan Tugas selama satu bulan, mulai 1 Agustus 2024 hingga 31 Agustus 2024,” katanya

Pertamina juga telah memasang instalasi dan pengaliran gas bumi ke Monumen Taman Kusuma Bangsa. 

“Pada beberapa lokasi strategis di IKN telah terpasang Gaslink Cylinder, seperti di Rumah Jabatan Menteri (RTJM), Istana Negara, Istana Garuda, kantor Sekretariat Presiden, serta berbagai fasilitas pemerintah lainnya,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, anak usaha Pertamina Bina Medika yang tergabung dalam Holding Rumah Sakit BUMN (IHC) juga menyiagakan Tim Medis terbaiknya untuk mendukung pelaksanaan HUT ke 79 RI di IKN. 

Melalui Rumah Sakit Pertamina Balikpapan yang berlokasi di Kalimantan Timur, Pertamina menyiagakan satu unit ambulance beserta tenaga medis yang terdiri dari dua dokter umum, tiga perawat, dan satu pengemudi ambulance. 

Tim medis yang dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan yang memadai telah berada di IKN sejak tanggal 14 hingga 18 Agustus 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA