Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proyek Strategis Dikebut MIND ID demi Perkuat Program Hilirisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 23:44 WIB
Proyek Strategis Dikebut MIND ID demi Perkuat Program Hilirisasi
MIND ID berkomitmen mempercepat program hilirisasi/Ist
rmol news logo Program hilirisasi sebagaimana diamanatkan Negara terus dipercepat BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID).

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, percepatan tersebut dilakukan melalui penyelesaian sejumlah proyek strategis. Grup MIND ID juga terus konsisten mempercepat penyelesaian proyek hingga Commercial Operation Date (COD) dari setiap proyek strategis.

“MIND ID terus mendukung pemerintah dengan mempercepat proyek strategis, sehingga program hilirisasi Indonesia semakin kuat dan mampu memberikan dampak dan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia,” kata Heri Yusuf, Rabu (14/8).

Salah satu proyek strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024 dengan progres penyelesaian sekitar 97 persen.

Smelter milik konsorsium PT Inalum dan PT Antam melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) di Mempawah, Kalimantan Barat ini diharapkan memasuki tahap COD pada Februari 2025 mendatang.

Dua anggota MIND ID itu mengucurkan investasi hingga 830 juta Dolar AS atau setara Rp13,1 triliun untuk proyek SGAR. Nantinya, pabrik pemurnian bijih bauksit ini bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun.

Proyek ini diyakini akan memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar dengan serapan tenaga kerja hingga 1.000 orang.

Grup MIND ID juga memiliki smelter baru dari Freeport Indonesia yang akan mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton. PTFI menggelontorkan modal hingga 3,67 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 58 triliun untuk smelter dengan desain single line terbesar di dunia ini.

Di luar itu, CATL dan MIND ID juga sudah sepakat menjalin kerja sama joint venture, khususnya untuk mulai membangun ekosistem upstream, yakni pabrik baterai.

MIND ID juga tengah menjalin kerja sama untuk membangun Industrial Park yang diharapkan dapat menjadi rumah bagi produsen kendaraan listrik di Indonesia.

“Di tahun depan, Grup MIND ID memiliki beberapa program champion yang dapat membantu kami menjalankan mandat negara," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA