Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Baru 20 Persen, Pembangunan IKN akan Selesai 10-15 Tahun Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Agustus 2024, 16:05 WIB
Jokowi: Baru 20 Persen, Pembangunan IKN akan Selesai 10-15 Tahun Lagi
Presiden Joko Widodo berbicara di Istana Negara IKN, Selasa 13 Agustus 2024/ Dok. Sekretariat Presiden
rmol news logo Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan selesai sekitar 10 sampai 15 tahun mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa masih akan memerlukan waktu yang Panjang sampai semuanya selesai, sementara saat ini bau terealisasi sekitar 20 persen.

"Ini dimulai baru tahun 2021-2022, akan selesai kira-kira 10-15 tahun yang akan datang, jadi masih panjang," kata Jokowi dalam arahannya kepada ratusan kepala daerah di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8).

Pembangunan di IKN tidak hanya mencakup Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, kantor Kemenko, dan kantor kementerian.

Namun, kata Jokowi, di luar KIPP juga nantinya banyak fasilitas-fasilitas yang dibangun, di antaranya rumah sakit, universitas, dan hotel.

Jokowi mengungkapkan, melalui pembangunan IKN, Pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota negara sesuai keinginan dan desain pemerintah, meskipun memakan waktu yang cukup lama.

Konsep pembangunan IKN adalah forest city, atau Kota Hutan.

"Saya ingin menyampaikan bahwa IKN adalah contoh kota masa depan yang dibangun dengan rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya forest city, jadi kota hutan, bukan kota beton," kata Jokowi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA