Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival LIKE 2024, Bendungan Tangga MIND ID Curi Perhatian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 18:29 WIB
Festival LIKE 2024, Bendungan Tangga MIND ID Curi Perhatian
Bendungan Tangga MIND ID di Festival LIKE 2024/Net
rmol news logo BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menghadirkan booth experience di Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) ke-2 di Jakarta Convention Center.
HUT 79 RI

Pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman tak terlupakan dengan nuansa alam Bendungan Tangga di Sungai Asahan. Festival LIKE tahun ini diselenggarakan di Hall A & B Jakarta Convention Center pada 8 hingga 11 Agustus 2024.

MIND ID memanfaatkan agenda ini untuk memberikan edukasi serta pengalaman langsung kepada pengunjung terkait pengelolaan air yang telah  sebagai sumber energi dilakukan oleh anggota grup.

Booth experience dengan tema ‘Drops for Sustainable Future’ ini menceritakan tentang teknologi pengelolaan air dan program keberlanjutan yang dijalankan oleh Grup MIND. Salah satunya inovasi dalam pemanfaatan Bendungan Tangga di Sungai Asahan, Sumatra Utara.

Saat memasuki area booth, pengunjung akan merasakan sendiri gemericik air dari atas seolah sedang berada di sekitar Sungai Asahan. Sungai yang menghubungkan Danau Toba dengan Selat Malaka ini menjadi salah satu sumber energi bagi PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Booth MIND ID menampilkan wajah Bendungan Tangga di Sumatra Utara yang menjadi satu dari tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik Inalum di Sungai Asahan. PLTA Tangga memiliki empat generator dengan total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 223 megawatt (MW).

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan bahwa pengunjung dapat melihat langsung replika Sungai Asahan dengan Bendungan Tangga sebagai bendungan busur pertama di Indonesia yang turut menghasilkan energi Bersih bagi perusahaan.

“Kami harap event ini menjadi wadah bagi masyarakat publik mengetahui dan merasakan langsung bagaimana nuansa Sungai Asahan dari booth experience yang kami hadirkan,” katanya, Minggu (11/8).

Selain sebagai salah satu sumber pembangkit listrik tenaga air, keberadaan Bendungan Tangga sekaligus dimaksudkan untuk menjaga keanekaragaman hayati di sekitar aliran sungai. Termasuk mendukung perputaran ekonomi masyarakat dengan menghasilkan wisata Arung Jeram kelas dunia.

Di samping itu, pengunjung juga dapat ikut memutar "roda keberuntungan" dengan berbagai hadiah. Dimulai dari earbuds, tumbler, souvenir MIND ID hingga bibit pohon.

Uniknya, hampir semua pengunjung memenangkan bibit pohon yang dibarengi pesan ajakan untuk menanam pohon dan menjaga lingkungan, karena menanam pohon sama dengan menanam masa depan.

MIND ID turut mengajak pengunjung untuk membuat konten berupa foto atau video selama berkunjung di booth MIND ID. Tiga orang pemenang akan berkesempatan mendapat 1 gram logam mulia.

Peserta cukup mengunggah foto atau video di Instagram dengan menyertakan tagar #MINDIDexperience serta tag dan follow akun Instagram @miningindustry.id. Pemenang akan diumumkan pada 15 Agustus 2024 di akun resmi perusahaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA