Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjualan Eceran Tumbuh 4,3 Persen di Juli 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 10 Agustus 2024, 10:40 WIB
Penjualan Eceran Tumbuh 4,3 Persen di Juli 2024
Ilustrasi/RMOL-Fifi
rmol news logo Kinerja penjualan eceran pada periode Juli 2024 diperkirakan meningkat.

Bank Indonesia (BI) dalam laporannya mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2024 diperkirakan mencapai 212,0 atau secara tahunan tumbuh 4,3 persen (yoy).

Meski demikian secara bulanan indeks itu menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

“Pada Juli 2024 kinerja penjualan eceran diperkirakan meningkat secara tahunan meski terkontraksi secara bulanan,” ujar Asisten Gubernur BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Jumat (9/8).

Meningkatnya penjualan eceran, kata Erwin didorong oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 6,4 persen yoy dan subkelompok sandang 1,5 persen yoy.

Sementara penjualan kelompok suku cadang dan aksesori 7,5 persen yoy dan bahan bakar kendaraan bermotor 2,2 persen yoy tercatat tetap tumbuh.

Secara bulanan, kinerja penjualan eceran pada Juli 2024 diperkirakan terkontraksi 7,4 persen mtm setelah sebelumnya tumbuh 0,4 persen mtm pada Juni 2024.

Penurunan kinerja penjualan eceran diperkirakan terjadi diantaranya pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau -8,5 persen mtm, suku cadang dan aksesori -3,8 persen mtm, serta peralatan informasi dan komunikasi -10,9 persen mtm sejalan dengan normalisasi permintaan pasca Iduladha.

Sementara beberapa kelompok yang tercatat masih tumbuh dan menahan penurunan kinerja penjualan eceran yang lebih dalam yaitu subkelompok sandang 3,2 persen mtm, kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya 2,0 persen mtm, dan bahan bakar kendaraan bermotor 1,1 persen mtm.

Adapun responden memprakirakan penjualan pada September 2024 mendatang juga akan turun, yang terlihat dari Indeks Ekspektasi Penjualan (IEP) September sebesar 140,5 atau lebih rendah dibandingkan IEP pada Agustus yang sebesar 158,8. Namun, penjualan diperkirakan akan meningkat kembali pada Desember 2024. 

“(Hal ini) sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode Hari Natal dan libur tahun baru,” pungkas Erwin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA